• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Software Liveworksheets pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungn Tempat Tinggalku untuk Kelas IV SDN Sempusari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI (ITA DWI LESTARI_180210204223).pdf (2.889Mb)
    Date
    2022-11-11
    Author
    LESTARI, Ita Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berkembangnya teknologi dalam bidang pendidikan menuntut proses pembelajaran di sekolah memadukan pembelajaran konvensional dan berbasis teknologi. Permasalahan yang ditemukan pada tempat penelitian salah satunya belum dimaksimalkannya fasilitas seperti LCD proyektor untuk proses pembelajaran berbasis teknologi. Hal itu kiranya perlu adanya pengembangan, khususnya LKPD menjadi lebih interaktif. Salah satu situs online gratis yang dapat digunakan untuk menyusun LKPD interaktif adalah software liveworksheets. Melalui software liveworksheets ini, guru dapat menyajikan teks, vidio, gambar, audio, tipe tugas yang bervariasi, serta skor hasil dari pekerjaan tugas dapat langsung dilihat. Penelitian ini difokuskan pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 di kelas IV SD yang memuat KD bahasa Indonesia, PPKn, dan IPS. Alasannya, karena materinya banyak yang harus dibaca dan dihafal, sehingga dirasa membosankan dan kurang menarik terlebih jika tidak ada pembaharuan di dalamnya. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimanakah proses pengembangannya; dan (2) bagaimanakah kevalidan serta keefektifan pengembangan LKPD interaktif berbasis software liveworksheets pada tema 8 subtema 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang terdiri dari langkah-langkah berikut: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi produk pengembangan; (8) uji coba keefektifan produk Validitas LKPD interaktif berbasis software liveworksheets telah dilakukan oleh ketiga validator ahli, adapun skor rerata yang diperoleh dari ketiga validator yaitu sebesar 89 masuk kategori sangat layak. Keefektifan LKPD interaktif berbasis software liveworksheets yang pertama ditinjau dari pencapaian hasil belajar melalui post-test diketahui sebanyak 23 peserta didik dinyatakan tuntas dengan persentase sebesar 82,14%, sedangkan 5 peserta didik dinyatakan tidak tuntas dengan persentase sebesar 17,86%. Nilai persentase hasil belajar tersebut masuk kategori sangat efektif. Keefektifan produk yang kedua ditinjau dari respon peserta didik. Berdasarkan data analisis respon peserta didik, diketahui bahwa peserta didik yang menjawab “Ya” menunjukkan skor rata-rata sebesar 93,22%, sedangkan peserta didik yang menjawab “Tidak” menunjukkan skor ratarata sebesar 6,78%. Persentase skor rata-rata tersebut masuk kategori sangat positif. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD interaktif berbasis software liveworksheets selain valid dan layak, namun juga memiliki tingkat keefektifan yang baik sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pengembangan dan penelitian yang telah dilakukan, maka saran yang dapat dituliskan yaitu sebagai berikut: (1) bagi peserta didik, karena pembelajaran menggunakan LKPD interaktif berbasis software liveworksheets merupakan hal baru, maka disarankan untuk belajar lebih baik lagi agar mencapai hasil pembelajaran yang memuaskan; (2) bagi guru, disarankan untuk melakukan pengembangan bahan ajar dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang telah tersedia dengan materi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD; dan (3) bagi peneliti lain, mengingat hasil dari penggunaan LKPD interaktif berbasis software liveworksheets dapat menciptakan pembelajaran yang cukup efektif, maka disarankan LKPD ini dapat digunakan secara lebih luas tidak hanya pada sekolah tempat penelitian saja.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112981
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository