• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh E-Service Quality dan Kepuasan Pengguna terhadap Continuance Intention dengan Perceived Value Sebagai Variabel Mediasi pada Layanan Dompet Digital OVO

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI M HARRIS P H 180810201133 Repository.pdf (1.502Mb)
    SKRIPSI M HARRIS P H 180810201133 Repository.pdf (1.502Mb)
    Date
    2022-12-22
    Author
    HALIM, Muhammad Harris Putranto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem transaksi pada saat ini mengalami banyak perubahan seiring dengan kemajuan teknologi yakni dari uang tunai secara fisik menjadi e-wallet atau dompet digital. Dompet digital ini terunduh dalam perangkat lunak smartphone sehingga memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Persaingan platform dompet digital di Indonesia cukup berkembang pesat dibuktikan dengan pangsa pasar e-wallet tahun 2021 terdapat 10 dompet digital yang paling digunakan yaitu dipimpin oleh OVO menguasai 58,9%. Penelitian ini menggunakan aplikasi dompet digital OVO yang merupakan prakarsa fintech dan kompetitif dalam strategi pemasaran. Variabel yang dapat mempengaruhi OVO kompetitif yakni continuance intention penggunanya. Teori yang menunjang penelitian ini yakni Technology Acceptance Model (TAM) untuk menganalisis penerimaan individu terhadap sebuah teknologi. Adapun variabel yang dapat mempengaruhi continuance intention yaitu e-service quality yang merupakan kemampuan teknologi dalam memberikan fasilitas yang berkualitas berbasis online, kepuasan pengguna yang merupakan reaksi pelanggan pasca menggunakan produk atau jasa perusahaan, dan terdapat variabel mediasi perceived value. Penelitian ini bertujuan untuk meguji dan menganalisis pengaruh e-service quality dan kepuasan pengguna terhadap continuance intention dengan perceived value sebagai variabel mediasi pada layanan dompet digital OVO. Objek penelitian ini yaitu pengguna aplikasi OVO. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 408 responden dengan teknik pengumpulan purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah sumber data primer. Pegumpulan data dengan menggunakan kuisioner online melalui google form. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini adalah e-service quality berpengaruh signifikan terhadap perceived value, kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap perceived value, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap continuance intention, kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap continuance intention, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap continuance intention dimediasi perceived value, dan kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap continuance intention dimediasi perceived value.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112815
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12478]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository