Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Destinasi Wisata Bangsring Underwater Banyuwangi
Abstract
Destinasi wisata Bangsring Underwater Banyuwangi merupakan sebuah
destinasi wisata bahari di Kabupaten Banyuwangi. Bangsring Underwater
berlokasi di Dusun Krajan Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo Kabupaten
Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. Bangsring Underwater berjarak 27 kilometer
dari pusat Kota Banyuwangi dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pusat Kota
Banyuwangi kea arah utara atau arah Situbondo. keanekaragaman sumber daya
ikan, keindahan pantai dengan pemandangan selat bali dan keindahan bawah laut
dengan ekosistem terumbu karang yang dijaga dengan baik menjadi daya tarik
untuk wisatawan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif – kualitatif. Proses
penelitian dilakukan dengan menggali data sebayak – banyaknya tentang fenomena
yang terjadi di Bangsring Underwater Banyuwangi seperti sejarah awal
terbentuknya wisata, sistem pengelolaan dan strategi komunikasi pemasaran
terpadu yang dilakukan di destinasi wisata tersebut. penentuan informan di
penelitian ini menggunakan teknik Snowbolling yaitu dengan menentukan
informan kunci yang berfungsi sebagai narasumber utama yang nantinya akan
merekomendasikan informan tambahan lainnya dengan tujuan memperoleh
informasi sebanyak – banyaknya.
Hasil penelitian menemukan beberapa fenomena terkait dengan sejarah
terbentunya destinasi wisata Bangsring Underwater. Dahulunya pantai Bangsring
memiliki potensi yang sangat besar sakan sumber saya lautnya, namun akibat
kegiatan penangkapan ikan ikan dengan cara yang salah seperti menggunakan bom
dan juga racun oleh nelayan setempat mengakibatkan pantai Bangsring mengalami
kerusakan. Kemudian, nelayan membentuk Kelompok Nelayan Ikan Hias Samudra Bakti (KNIH-SB) untuk mencari solusi bagaimana cara mengembalikan ekosistem
laut pantai Bangsring kembali baik seperti semula. Seiring berjalannya waktu pantai
Bangsring terus mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga tahun 2013
dijadikan destinasi wisata.
Kerja sama dilakukan oleh pihak pengelola wisata, Kelompok Sadar Wisata
Desa Bangsring dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. Upaya kerja
sama tersebut berupa aktivitas mempromosikan wisata Bangsring Underwater.
Beberapa strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan yaitu melalui
media promosi Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relation,
Direct Selling dan Interactive Marketing.
Bentuk media advertising yang digunakan antara lain : media online seperti
website dan blog, media televisi seperti Trans 7, Trans TV, TV One, SCTV dan
Metro TV, media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok dan
Whatsaap. Bentuk media personal selling seperti keikutsertaan dalam pameran
wisata ditingkat nasional dan internasional. Pameran wisata Nasional seperti “Table
Top” di Banyuwangi, Surabaya, Malang dan Kalimantan. Pameran wisata
Internasional seperti di Swiss dan Saudi Arabia. Bentuk sales promotion seperti
mengadakan promosi open trip dari Taman Nasional Baluran – Bangsring
Underwater – Kawah Ijen dengan harga diskon 30%, mengadakan festival
pengibaran bendara di Pulau Tabuhan dengan harga spesial dan gratis kaos,
memberikan diskon 20%, memberikan cahsback untuk transaksi minimal Rp
300.000, memberikan hadiah berupa gantungan kunci dengan minimal transaksi Rp
250.000, bekerja sama dengan brand minuman HI C 1000 dan bekerja sama dengan
travel agent. Bentuk media public relation seperti bekerja sama dengan media
massa dan tokoh masyarakat untuk mengenalkan wisata Bangsring Underwater,
bekerja sama dengan Media Televisi seperti Metro TV dengan judul acara “Ikhwan
arief Banyuwangi merawat tunas harapan bangsring Underwater. Bentuk media
direct marketing seperti mengikuti kegiatan direct promotion produk pariwisata
Jawa Timur di Provinsi Bali, mengikuti pameran wisata, dan menggunakan media
sosial Instagram, tiktok, dan whatsaap melalui fitur DM (Direct Message). Bentuk
media interactive marketing seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok melalui Fitur
Live, DM dan Comment. Seperti contoh mengadakan live talkshow interactive di
Instagram dengan tema pembahasan Bangsring Underwater.