Show simple item record

dc.contributor.authorIFADAH, Farikha Nur
dc.date.accessioned2023-03-06T08:16:30Z
dc.date.available2023-03-06T08:16:30Z
dc.date.issued2022-11-22
dc.identifier.nim180210205100en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112552
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 6 Maret 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractGuru merupakan pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk dapat mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan menilai serta dapat melakukan evaluasi kepada peserta didik. Guru diwajibkan memiliki kualifikasi, kompetensi dan sertifikasi. Kompetensi yang dimiliki oleh guru adalah salah satu komponen utama yang dominan untuk mencapai tujuan pendidikan. Model pada kompetensi dan pembelajaran baik berupa pengembangan kurikulum, pengembangan materi, konsep, struktur dan pola berfikir yang mampu memberikan penguasaan terhadap materi pembelajaran merupakan salah satu indikator kompetensi profesional guru. Upaya pengembangan kompetensi yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat memberikan pengingkatan guru dalam meningkatkan kompetensi guru. Hal ini dapat dibuktikan dengan kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di RA KHADIJAH 26 Tegalsari dapat ditemukan kompetensi profesional guru baik hal ini terlihat dari kesiapan guru sebelum mengajar dan dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan teknik pembelajaran kelompok dengan menggunakan 2 sampai 3 kegiatan dalam pembelajaran disesuaikan dengan minat anak untuk memilih kegiatan yang akan dikerjakan. Kepala sekolah memberikan perangkat pemelajaran berupa absensi, prota, prosem, rppm, rpph, penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian hasil karya, dan penilaian portofolio yang harus dikerjakan guru dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya pengembangan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran dimasa new normal di RA KHADIJAH 26 Tegalsari Banyuwangi?”. Tujuan pada penelitian ini guna untuk mendeskripsikan bagaimana upaya pengembangan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran dimasa new normal di RA KHADIJAH 26 Tegalsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di RA KHADIJAH 26 Tegalsari kepala sekolah memberikan upaya pengembangan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran dimasa new normal dengan melakukan pembinaan, pemberian motivasi, penyediaan sarana dan prasarana yang dapat digunakan, aktif dalam kegiatan KKG, serta mengikut sertakan guru dalam pelatihan yang mampu mengembangkan kompetensi profesional yang dimiliki. Upaya lain juga dilakukan oleh guru untuk mengembangkan diri dalam pengembangan kompetensi profesional guru dengan melatih diri untuk bersikap disiplin, tertib adminitrasi kelas, ikut serta dalam kegiatan KKG dan mengikuti pelatihan-pelatihan yang mampu mengembangkan diri dan mengasah kompetensi profesional baik pelatihan yang dilakukan mandiri atau anjuran dari kepala sekolah. Hal sederhana yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya adalah dengan berdiskusi antar guru untuk melihat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Dan guru juga memanfaatkan teknologi dan komunikasi dalam upaya mengembangkan kompetensi profesional dengan belajar di youtube, google, dan aplikasi lain yang mampu memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Dengan keikutsertaan dalam kegiatan KKG mampu memberikan pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat di implementasikan di sekolah atau dirinya sendiri. Selain itu dengan aktif mengikuti pelatihan yang di lakukan secara mandiri maupun umum dapat memberikan pengaruh terhadap perencanaan dan proses pembelajaran yang dilakukan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Laily Nur Aisiyah S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Reski Yulina Widiastuti S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROFESIONAL GURUen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN KOMPETENSIen_US
dc.subjectNEW NORMALen_US
dc.titleUpaya Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran dimasa New Normal di RA Khadijah 26 Tegalsari Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Laily Nur Aisiyah S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung-19 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record