• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Misi Terbang Pesawat N2XX Versi Amfibi

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Nur Hidayah.pdf (1.788Mb)
    Date
    2023-01-25
    Author
    Hidayah, Putri Nur
    HIDAYAH, Putri Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara kepulauan terbesar didunia memiliki luas wilayah total 7,81 juta km2 yang terdiri dari 17.499 pulau besar dan kecil, dengan luas daratan 1 922 570 juta km2 dan lautan 3 257 483 juta km2 (Badan Informasi Geospasial). Sebagai negara kepulauan Indonesia memerlukan strategi percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional dalam mengedepankan penguatan konektivitas antar pulau, konektivitas tersebut dapat terwujud apabila terdapat transportasi yang dapat menjangkau seperti pesawat model seaplane. PT Dirgantara Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk mengembangkan pesawat N2XX versi amfibi. Sebagai pesawat perintis yang masih dalam masa uji terbang, pesawat N2XX versi amfibi harus terus dikaji agar dapat disempurnakan sebelum diproduksi masal. Salah satu masalah yang dikaji adalah pada bidang performance. Bidang ini mengkaji tentang unjuk kinerja prestasi terbang saat mulai lepas landas hingga mendarat salah satunya mission atau sebuah profil misi terbang diperlukan untuk menentukan berat, bahan bakar, payload, jangkauan, kecepatan, ketinggian penerbangan selama pesawat lepas landas dari bandara A menuju bandara B. Selama misi penerbangan pesawat mengalami beberapa fase terbang yakni take-off, climb, cruise, descent, dan landing. Variasi yang digunakan pada penelitian ini adalah variasi ketinggian yaitu sea level, 2 000 ft, 4 000 ft, 6 000 ft, 8 000 ft, dan 10 000 ft dengan temperatur ISA 0 untuk mengetahui waktu, jarak dan konsumsi bahan bakarnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa waktu yang ditempuh oleh pesawat N2XX versi amfibi dengan rute penerbangan dari Jayapura ke Karubaga dengan jarak 147 km sebesar 28 menit dengan fuel consumption sebesar 133 kg dan rute penerbangan Samarinda ke Long Apung dengan jarak 173 km menempuh waktu 33 menit dengan fuel consumption sebesar 159 kg.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112502
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository