Show simple item record

dc.contributor.authorMAULIDIYAH, Juliniar
dc.date.accessioned2023-03-02T08:33:02Z
dc.date.available2023-03-02T08:33:02Z
dc.date.issued2022-12-13
dc.identifier.nim170210205024en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112479
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 2 Maret 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPengelolaan kelas merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh guru, meliputi perencanaan, pengaturan dan pengoptimalan berbagai sumber, bahan, dan sarana pembelajaran yang ada di kelas guna menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan berkualitas bagi peserta didik. Tujuan pengelolaan kelas yaitu untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Pengelolaan kelas di TK Dharma Wanita Tanggulangin menjadikan peserta didiknya merasa nyaman dan tenang saat pembelajaran dimulai. Adanya hiasan di ruangan kelas dan tempat duduk yang sudah diatur dan ditata. Selain itu, guru juga bekerjasama berkreasi dalam mendesain/menghias ruangan kelas agar peserta didiknya bisa belajar secara efektif. Berdasarkan paparan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, “bagaimanakah peran guru dalam pengelolaan kelas di TK Dharma Wanita Tanggulangin?”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada semester genap 2021/2022 menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru kelas TK Dharma Wanita Tanggulangin Sidoarjo Tahun 2021/2022 yang bernama ibu Chusnul Chotimah, S.Pd. sebagai guru kelas A, dan ibu Khotimah, S.Pd. sebagai guru kelas B. Metode pengambilan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di TK Dharma Wanita Tanggulangin Sidoarjo terkait peran yang dilakukan guru meliputi; 1) guru berperan sebagai perancang dan pelaksana penataan ruang kelas yang dilaksanakan dalam bentuk menentukan tata letak bangku dan perabot kelas, menyiapkan dan memasang hiasan kelas; 2) dalam mengelola waktu belajar, guru berperan sebagai perencana dan pelaksana kegiatan pembelajaran, di mana guru merancang dan melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan waktu belajar. Guru juga menciptakan pembelajaran yang menarik agar anak tidak mudah bosan dalam mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru; 3) dalam hal mengelola perilaku anak untuk menjaga suasana kelas yang kondusif, guru berperan sebagai perancang dan pelaksana dengan cara mendesain ruangan kelas yang menarik dan menyenangkan bagi anak misalnya dengan pengaturan pencahayaan yang cukup, kolaborasi warna yang menarik, gambar-gambar yang menarik untuk menciptakan anak merasa nyaman berada di kelas untuk mengikuti proses pembelajaran. Pemeliharaan keindahan ruangan kelas, penggunaan hiasan kelas salah satunya adalah menggunakan hasil karya anakanak. Disisi lain guru juga menanamkan pemahaman kepada anak bahwa mereka dapat belajar sambil bermain sehingga anak dapat menikmati pembelajaran di kelas. Kelemahan dalam penelitian ini yaitu beberapa guru masih kurang memiliki keahlian dalam mengelola kelas. Hal ini dibuktikan pada pelaksanaannya guru masih belum dapat mengendalikan perilaku anak dengan maksimal. Hal itu dikarenakan masih kurangnya ketrampilan tenaga pendidik di TK Dharma Wanita Tanggulangin Sidoarjo untuk mendisiplinkan anak secara efektif dan alat bermain yang kurang sehingga anak cenderung mudah bosan. Saran untuk menjadi pendidik dalam mencapai keahlian mengelola kelas sebaiknya tidak hanya mengikuti diklat maupun workshop namun juga berusaha untuk menyiapkan dan melengkapi alat-alat serta sarana prasarana peralatan sekolah atau sarana pembelajaran, sehingga kegiatan seluruh warga sekolah dapat berjalan dengan efektif serta motivasi dan supervisi harus selalu dilakukan oleh kepala sekolah secara terus menerus untuk tercapainya tujuan proses belajar mengajar di TK Dharma Wanita Tanggulangin Sidoarjo.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing I : Senny Weyara Dienda Saputri. S.Psi, M.A. Pembimbing II : Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPERAN GURUen_US
dc.subjectPENGELOLAAN KELASen_US
dc.subjectTK DHARMA WANITA TANGGULANGIN SIDOARJOen_US
dc.titlePeran Guru dalam Pengelolaan Kelas di TK Dharma Wanita Tanggulangin Sidoarjo Tahun 2021/2022en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi, M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-31 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record