Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Wonosari 01 Kabupaten Bondowoso Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Wonosari 01 Kabupaten Bondowoso tema 1 organ gerak hewan dan manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental dengan pola pretest – posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN Wonosari 01 Kabupaten Bondowoso dengan jumlah 47 siswa. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumen dan tes. Hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel yaitu 5,597>0,287, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (H0) ditolak. Perhitungan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui efektifitas dari pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif adalah sebesar 46,3% dengan kategori sedang.