Show simple item record

dc.contributor.authorNIKMATUL MUBAROKAH
dc.date.accessioned2013-12-20T06:45:50Z
dc.date.available2013-12-20T06:45:50Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11240
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menerangkan berbagai gejala dan kejadian alam, yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran, penyajian secara matematis dan berdasarkan peraturan-peraturan umum. Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran fisika adalah prestasi belajar siswa yang masih rendah. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa fisika sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku atau secara teoritik, sehingga pembelajaran fisika terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa. Cara terbaik bagi siswa untuk mempelajari fisika adalah dengan menghadapkan mereka pada masalah kehidupan sehari-hari sebagai konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan memecahkan masalah. Model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan memecahkan masalah adalah model Problem Based Instruction (PBI) menggunakan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh hasil belajar fisika pada penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) menggunakan metode eksperimen dengan metode Direct Instruction dan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar fisika pada penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) menggunakan metode eksperimen dengan metode Direct Instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pakuniran. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan SPSS 16 menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Setelah dikonsultasikan pada taraf signifikasi 5% hasilnya 0,000<0,05. Dengan demikian rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen keaktifan siswa sebesar 58,42%, sedangkan di kelas kontrol sebesar 52,28%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh pada hasil belajar dengan menerapkan model Problem Based Instruction (PBI) menggunakan metode eksperimen tahun ajaran 2011/2012 Ada perbedaan signifikan antara kelas yang diajar dengan menerapkan model Problem Based Instruction (PBI) menggunakan metode eksperimen dan kelas yang diajar dengan menerapkan model Direct Instruction terhadap hasil belajar fisika tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran dengan model PBI menggunakan metode eksperimen siswa ditempatkan sebagai pusat dari proses pembelajaran yang secara aktif mencari informasi sendiri melalui eksperimen, aktif berdiskusi dan bertukar pendapat untuk memecahkan masalah tentang materi yang sedang dipelajari guna mendapatkan suatu kesimpulan. (2) Aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pakuniran tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika dengan menerapkan model PBI menggunakan metode eksperimen termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata aktivitas sebesar 58,42%, sedangkan pada kelas yang menerapkan model Direct Instruction termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata aktivitas sebesar 52,28%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP;
dc.subjectModeL Problem Based Instruction (PBI), Metode Eksperimen, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record