dc.description.abstract | Salah satu permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran matematika adalah kemampuan siswa
dalam menyelesaikan masalah yang membutuhkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) masih rendah.
Masalah ini juga terjadi pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jember. Penyebab masalah tersebut
adalah guru matematika belum terampil dalam membuat soal HOTS dan belum membimbing siswa dalam
menyelesaikan soal HOTS. Untuk mengatasi masalah tersebut, kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 118 guru
Matematika SMA dilaksanakan pada tanggal 02 Februari 2019 di pusat MGMP (Musyawarah Guru Mata
Pelajaran) Matematika di Jember. Metode yang digunakan adalah sharing informasi, diskusi, tugas membuat
HOTS soal matematika, observasi, tes, dan pemberian kuesioner. Hasil yang diperoleh adalah terjadi
peningkatan pengetahuan guru membuat soal HOTS dari skor rata-rata pretes 62 menjadi skor rata-rata
postes 85. Kemampuan guru membuat soal HOTS sudah dalam kategori baik, dan seluruh peserta (100%)
berpartisipasi aktif pada kegiatan tersebut. Selain itu para peserta memberikan tanggapan positif terhadap
kegiatan tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat perlu terus dilanjutkan di masa mendatang,
karena sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme guru. | en_US |