Show simple item record

dc.contributor.authorPAMBUDI, Didik Sugeng
dc.contributor.authorAMBARWAT, Reza
dc.contributor.authorTRAPSILASIWI, Dinawati
dc.contributor.authorYUDIANTO, Erfan
dc.date.accessioned2023-02-25T05:28:24Z
dc.date.available2023-02-25T05:28:24Z
dc.date.issued2022-12-06
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112388
dc.description.abstractSalah satu permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran matematika adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang membutuhkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) masih rendah. Masalah ini juga terjadi pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jember. Penyebab masalah tersebut adalah guru matematika belum terampil dalam membuat soal HOTS dan belum membimbing siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Untuk mengatasi masalah tersebut, kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 118 guru Matematika SMA dilaksanakan pada tanggal 02 Februari 2019 di pusat MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Matematika di Jember. Metode yang digunakan adalah sharing informasi, diskusi, tugas membuat HOTS soal matematika, observasi, tes, dan pemberian kuesioner. Hasil yang diperoleh adalah terjadi peningkatan pengetahuan guru membuat soal HOTS dari skor rata-rata pretes 62 menjadi skor rata-rata postes 85. Kemampuan guru membuat soal HOTS sudah dalam kategori baik, dan seluruh peserta (100%) berpartisipasi aktif pada kegiatan tersebut. Selain itu para peserta memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat perlu terus dilanjutkan di masa mendatang, karena sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherDINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakaten_US
dc.subjectSoal HOTS Matematikaen_US
dc.subjectpretesten_US
dc.subjectposttesten_US
dc.subjectprofesionalisme guruen_US
dc.titlePelatihan Penyusunan Soal Berfikir Tingkat Tinggi bagi Guru-Guru Matematika SMA di Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record