dc.description.abstract | Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki siswa, tetapi kemampuan tersebut masih rendah.
Salah satu penyebabnya adalah metode mengajar guru masih didominasi dengan ceramah di dalam kelas.
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui
pengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan metode outdoor learning pada materi barisan dan
deret. Lembar validasi, lembar observasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar merupakan data yang
dikumpulkan untuk dianalisis. Hasil kevalidan RPP, LKS, serta THB masing-masing mencapai nilai 4,6;
4,7; dan 4,6 dari nilai maksimal 5, yang berarti valid. Hasil analisis kepraktisan perangkat tersebut
mencapai 92%, yang berarti praktis. Dari hasil uji coba, ada 80% siswa masuk kategori aktif, dan respon
positif siswa mencapai 84%. Ketuntasan minimal dari tes hasil belajar diperoleh 85,29% siswa kelas
eksperimen tuntas, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 52,94%. Dari hasil t-test terbukti bahwa
pembelajaran pada materi barisan dan deret dengan perangkat pembelajaran yang menggunakan metode
outdoor learning memiliki pengaruh signifikan pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis
siswa. | en_US |