Show simple item record

dc.contributor.authorDavid Nurfiqih
dc.date.accessioned2013-12-20T06:40:11Z
dc.date.available2013-12-20T06:40:11Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM060210191172
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11224
dc.description.abstractUU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pendidikan karakter yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Salah satu pelajaran yang menjadi ilmu dasar, diakui berperan penting dalam mendorong berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi yaitu Matematika. Akan tetapi, pada kenyataannya matematika merupakan salah satu pelajaran di sekolah yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat adalah tuntutan besar bagi guru dan akan menentukan berhasil atau tidaknya pengajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode untuk meningkatkan aktivitas siswa. Metode pembelajaran matematika di luar kelas atau sering disebut “Outdoor Mathematics” sebenarnya bukan hal baru dalam matematika, tetapi sangat disayangkan metode ini jarang sekali bahkan tidak pernah digunakan dalam proses pembelajaran matematika sekolah. Dengan metode ini, siswa diajak mempelajari matematika serta dapat menerapkannya dalam memecahkan persoalan di luar kelas. Oleh karena itu, maka perlu dikembangkan perangkat pembelajaran dapat menjadi contoh bagi guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran matematika luar kelas dengan menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter pada materi sub pokok bahasan penerapan kesebangunan, (2) aktivitas siswa dan guru selama kegiatan ujicoba perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (3) respon siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika luar kelas, (4) hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika di luar kelas pada materi sub pokok bahasan penerapan kesebangunan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan (3) alat evaluasi berupa soal pre-test dan pos-test. Koefisien validitas masing-masing perangkat pembelajaran termasuk kategori sangat tinggi dan dinyatakan valid dapat diujicobakan. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada pertemuan pertama menunjukkan kategori baik dan pertemuan kedua sangat baik, artinya sebagian besar siswa aktif mengikuti pembelajaran matematika di luar kelas. Aktivitas guru telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran matematika di luar kelas. Guru juga telah menerapkan semua perangkat yang telah dihasilkan yaitu RPP, LKS dan alat evaluasi berupa soal pre-test dan post-test. Hasil belajar juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Dengan demikian pembelajaran matematika di luar kelas dengan menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter ini telah mampu menanamkan konsep penerapan kesebangunan yang dipelajari dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210191172;
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS (OUTDOOR MATHEMATICS)en_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS (OUTDOOR MATHEMATICS) DENGAN MENYISIPKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SUB POKOK BAHASAN PENERAPAN KESEBANGUNAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record