PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS (OUTDOOR MATHEMATICS) DENGAN MENYISIPKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SUB POKOK BAHASAN PENERAPAN KESEBANGUNAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Abstract
UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3,
yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan fungsi dan tujuan
pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah
Menengah Pertama (SMP) harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai
tujuan tersebut. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pendidikan karakter yang
dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Salah satu
pelajaran yang menjadi ilmu dasar, diakui berperan penting dalam mendorong
berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi yaitu Matematika. Akan tetapi,
pada kenyataannya matematika merupakan salah satu pelajaran di sekolah yang
dianggap sulit oleh kebanyakan siswa. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat
adalah tuntutan besar bagi guru dan akan menentukan berhasil atau tidaknya
pengajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode untuk
meningkatkan aktivitas siswa. Metode pembelajaran matematika di luar kelas atau
sering disebut “Outdoor Mathematics” sebenarnya bukan hal baru dalam
matematika, tetapi sangat disayangkan metode ini jarang sekali bahkan tidak
pernah digunakan dalam proses pembelajaran matematika sekolah. Dengan
metode ini, siswa diajak mempelajari matematika serta dapat menerapkannya dalam memecahkan persoalan di luar kelas. Oleh karena itu, maka perlu
dikembangkan perangkat pembelajaran dapat menjadi contoh bagi guru. Tujuan
penelitian untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran matematika
luar kelas dengan menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter pada materi sub
pokok bahasan penerapan kesebangunan, (2) aktivitas siswa dan guru selama
kegiatan ujicoba perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (3) respon siswa
setelah mengikuti pembelajaran matematika luar kelas, (4) hasil belajar siswa
setelah mengikuti pembelajaran matematika di luar kelas pada materi sub pokok
bahasan penerapan kesebangunan.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah: (1) Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan (3) alat
evaluasi berupa soal pre-test dan pos-test. Koefisien validitas masing-masing
perangkat pembelajaran termasuk kategori sangat tinggi dan dinyatakan valid
dapat diujicobakan.
Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada pertemuan pertama
menunjukkan kategori baik dan pertemuan kedua sangat baik, artinya sebagian
besar siswa aktif mengikuti pembelajaran matematika di luar kelas. Aktivitas guru
telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran matematika di luar kelas. Guru
juga telah menerapkan semua perangkat yang telah dihasilkan yaitu RPP, LKS
dan alat evaluasi berupa soal pre-test dan post-test. Hasil belajar juga
menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Dengan demikian
pembelajaran matematika di luar kelas dengan menyisipkan nilai-nilai pendidikan
karakter ini telah mampu menanamkan konsep penerapan kesebangunan yang
dipelajari dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.