Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui ada atau tidaknya suatu pengaruh pada penggunaan model problem based learning dengan metode blended learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, metode penelitiannya adalah eksperimen, desain penelitiannya menggunakan quasi experimental dengan pola penelitian non equivalen control group design. Semua siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum Sumber Gading Bondowoso yang berjumlah 49 siswa merupakan populasi pada penelitian ini. Kelas IVA sebanyak 26 siswa dan kelas IVB sebanyak 23 siswa merupakan sampel penelitian. Hasil t-hitung > t-tabel yaitu 2,103 > 1,667 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil rata-rata nilai kelas eksperimen dilihat dari nilai beda atau selisih antara pretest dan posttest yaitu 19,15 sedangkan kelas kontrol rata-rata nilainya 13,82 sehingga rata-rata nilai kelas eksperimen jauh lebih baik dibanding kelas kontrol. Hasil uji keefektifan relatif yaitu sebesar 32,33%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD.