PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN FITUR AUDIO-VIDEO STREAMING PADA WEB BASED BILINGUAL LEARNING POKOK BAHASAN SEGIEMPAT SMP KELAS VII SEMESTER GENAP
Abstract
Pembelajaran berbasis web sudah mulai diminati oleh pelaku pendidikan
khususnya di Sekolah Menengah Pertama. Desain web dan CD-CD interaktif
dalam pembelajaran bukan merupakan fenomena baru lagi di kalangan akademis,
pemanfaatannya sudah mulai menjadi kebutuhan real dalam segala aspek
pembelajaran baik itu dalam real classroom maupun dalam virtual classroom,
mengingat pelaku pendidikan sudah tidak dapat menghindarinya karena saratnya
informasi yang harus diterima dan diberikan kepada subjek didiknya (Rikyanto,
2002:1).
Penerapan dua bahasa dalam media pembelajaran matematika
berbantuan komputer berbasis web yang didukung dengan penggunaan fitur
Audio-Video Streaming, menjadi inovasi baru yang dikembangkan untuk
mengoptimalkan kemampuan siswa. Maka dalam penelitian ini akan diambil
sebuah judul yaitu “ Pengembangan Desain Media Pembelajaran Matematika
dengan Fitur Audio-Video Streaming pada Web Based Bilingual Learning Pokok
Bahasan Segiempat SMP Kelas VII Semester Genap ”.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplorasi,
interview, literatur, angket dengan melibatkan responden dari siswa, tenaga
pendidik, dan pakar teknologi informasi. Analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ini menggunakan analisis
persentase untuk menentukan kualifikasi komponen produk media pembelajaran
ini. Hasil dari angket pada tahap konsultasi dengan dewan pakar adalah 91%
(kualifikasi sangat baik), tahap penilaian dan tanggapan guru matematika 88,21 %
(kualifikasi sangat baik), tahap ujicoba siswa SMP 83.45 % (kualifikasi baik). Desain media pembelajaran matematika ini terdiri dari materi dan
contoh, latihan soal, multimedia, kamus matematika, hiburan berupa game dan
kalkulator. Produk akhir pengembangan media pembelajaran ini berupa web dan
CD pembelajaran serta buku panduan penggunaan media. Media pembelajaran
yang dihasilkan telah bersifat interaktif, terorganisir, menarik, variatif, dan
menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia serta dapat
diakses secara online maupun offline.