Quantum Teaching dan Quantum Learning
Abstract
Pengaruh Model Quantum Teaching dan Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Tema Udara Bersih bagi Kesehatan pada Siswa Kelas V di SDN Sumbersari 03 Jember; Lina Aprilia; 2022; 66 halaman; Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember.
Pelaksanaan pembelajaran yang kondusif, efektif, bermutu, dan bisa mencapai tujuan yang ditetapkan merupakan hal yang diinginkan oleh semua pihak. Peran guru sangat vital dalam mengarahkan serta membimbing aktivitas belajar siswa, sebab seberapa berhasilnya siswa dipengaruhi pula oleh kemampuan guru menyampaikan materi pelajaran. Guru dalam hal ini diharuskan agar dapat kreatif sebaik mungkin untuk menarik perhatian siswa agar dalam proses kegiatan mengajar siswa lebih semangat untuk belajar. Tentunya untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan, tidak sedikit hal yang harus guru lakukan, di antaranya mengidentifikasi strategi, media, model, metode, dan teknik mengajar yang akan memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif.
Penggunaan model Quantum Teaching dan Quantum Learning pada pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk lebih mudah memahami materi dengan didukung oleh suasana pembelajaran yang menyenangkan dan nyaman, sehingga dapat meningkatkan potensi dalam diri siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Quantum Teaching dan Quantum Learning terhadap hasil belajar yang mencakup ranah kognitif tema udara bersih bagi kesehatan pada siswa kelas V di SDN Sumbersari 03 Jember.