dc.contributor.author | TANJUNG, Anggi Wulan Sekar | |
dc.contributor.author | BEKTIARSO, Singgih | |
dc.contributor.author | LESMONO, Albertus Djoko | |
dc.date.accessioned | 2023-02-06T00:15:36Z | |
dc.date.available | 2023-02-06T00:15:36Z | |
dc.date.issued | 2023-01-15 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111908 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang
dihasilkan dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah
yang disertai dengan sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar
siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian Posttes-Only Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA
SMAN 4 Jember tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini dipilih
dua kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu XI IPA 3
sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber lingkungan
terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Terdapat pengaruh yang
signifikan model pembelajaran berbasis masalah disertai belajar
sumber lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMA. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar | en_US |
dc.subject | Model pembelajaran | en_US |
dc.subject | berbasis masalah | en_US |
dc.subject | Sumber belajar | en_US |
dc.subject | lingkungan | en_US |
dc.subject | Hasil belajar | en_US |
dc.subject | Kemampuan berpikir kritis | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik | en_US |
dc.type | Article | en_US |