Etnomatematika pada Kesenian Barong Kemiren Banyuwangi sebagai Bahan Ajar Geometri
Abstract
Etnomatematika adalah matematika yang ditemukan dalam budaya masyarakat yang tanpa sadar telah menerapkan konsep matematika dalam budayanya. Tujuan dari penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pada Kesenian Barong Kemiren. Subjek penelitian ini adalah tiga orang yaitu ketua Kesenian Barong Kemiren, budayawan yang paham tentang sejarah Kesenian Barong Kemiren dan penari Barong Kemiren. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya etnomatematika pada Kesenian Barong Kemiren. Unsur geometri yang ditemukan meliputi: bangun datar (segitiga, persegi, persegi panjang, dan lingkaran), bangun ruang (kubus, balok, dan tabung), kesebangungan, kekongruenan, dan transformasi geometris (refleksi). Etnomatematika pada penelitian ini digunakan utnuk menyusun LKS dengan materi kesebangunan dan kekongruenan untuk kelas IX.