• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA MELALUI PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E LEARNING CYCLE 5E LEARNING CYCLE 5E

    Thumbnail
    View/Open
    Naily Dinul Qoyyimah - 080210102048 (2)_1.pdf (100.9Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Naily Dinul Qoyyimah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika bukan hanya kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja tapi juga merupakan suatu proses penemuan, sehingga keterampilan proses sains sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran sains. Salah satu tujuan mata pelajaran fisika di SMA/MA berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dimaksudkan sebagai wahana untuk melatih siswa supaya dapat mengembangkan keterampilan proses sains melalui pemberian pengalaman belajar secara langsung dengan melakukan penyelidikan atau kerja ilmiah. Oleh karena itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung siswa untuk menguasai pengembangan konsep adalah model learning cycle 5E. Model learning cycle 5E merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang mengacu pada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar. Model pembelajaran ini memiliki manfaat agar tujuan pembelajaran tercapai melalui kegiatan belajar yang berpusat pada siswa sehingga siswa dapat membangun pengetahuan dalam pikiran mereka sendiri. Tahapan-tahapan model learning cycle 5E terdiri dari engage, explore, explain, elaborate, dan evaluate. Tujuan dari penelitian ini adalah: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Balung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, tes, dan observasi. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan pertama adalah dengan mempresentase hasil penilaian jawaban LKS dan hasil observasi kemudian ditentukan kriterianya. Dan teknik analisa data untuk hasil belajar siswa menggunakan uji t yaitu menggunakan independent sample t test. Data keterampilan proses sains yang diperoleh yaitu rata-rata seluruh aspek keterampilan proses sains adalah 85,51%. Apabila disesuaikan dengan kriteria keterampilan proses maka tergolong dalam kategori baik. Untuk hasil belajar data yang diperoleh yaitu nilai probabilitas Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah:
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11160
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository