dc.description.abstract | Guru harus memperhatikan secara mendalam integrasi
antara teknologi informasi dengan matematika, sehingga
sulit untuk menemukan pengaruh dari penggunaan
metode pengajaran tradisional. Bagian kerucut yang
Keywords:
Mathematics education;
Education technology;
Hawgent dynamic
conic section
Kata Kunci:
Pendidikan matematika;
Teknologi pendidikan;
Dinamika Hawgent
62 | Ning, Tang, Prihandini, and Aripin: Modeling Conic Section Using Hawgent Dynamic …
berbentuk kerucut dipelajari di Sekolah Menengah merupakan pembawa
penting untuk menumbuhkan literasi matematika siswa,
tetapi sangat abstrak dan komprehensif, sehingga
menjadi "sulit" dalam pengajaran matematika di sekolah
menengah. Perangkat lunak matematika dinamis
Hawgent memiliki fungsi dinamis dan visual yang kuat,
yang secara efektif dapat membantu pengajaran elips di
Sekolah Menengah. Pertanyaan yang akan dikaji dalam
makalah ini adalah: (1) mendeskripsikan bagaimana
guru menggunakan perangkat lunak matematika dinamis
Hawgent untuk merancang media pembelajaran ketika
mengajarkan isi bagian kerucut dan merangsang
pengetahuan siswa; (2) mendeskripsikan bagaimana
perangkat lunak matematika dinamis Hawgent
digunakan dalam kelas untuk membantu siswa
memahami definisi bagian kerucut secara efektif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang
menggabungkan model ADDIE dan eksperimen
mengajar untuk menganalisis kelas dengan
menggunakan software matematika dinamis Hawgent
dan merancang bahan ajar dan kelas menggunakan
metode pengajaran tradisional. Sampel penelitian
adalah 130 siswa SMA. Materi pembelajaran desain
perangkat lunak matematika, dapat memberikan siswa
presentasi intuitif tentang proses pembentukan kerucut,
sehingga membantu siswa memahami konsep
matematika secara efektif dan merangsang rasa ingin
tahu siswa sebagai pengetahuan. | en_US |