• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Unsur-Unsur Intrinsik pada Cerita Rakyat Asal Mula Banyuwangi Raden Banterang Karya Tira Ikranegara Serta Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Ajar Kelas IV Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.527Mb)
    doc.pdf (1.527Mb)
    Date
    2022-11-04
    Author
    SILVIA, Erlyn Dinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Karya sastra digunakan dalam mengembangkan karakter anak. Sastra yang ditujukan untuk anak-anak disebut sastra anak. Sastra anak terdiri atas berbagai jenis. Salah satunya adalah cerita rakyat Asal Mula Banyuwangi Raden Banterang yang bisa digunakan sebagai alternatif materi ajar. Salah satu unsur penyusun karya sastra adalah unsur-unsur intrnsik. Unsur intrinsik terdiri atas tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Berdasarkan wawancara, penelitian ini hanya akan di fokuskan pada analisis tema, tokoh, latar, alur, dan amanat. Kajian mengenai cerita rakyat dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sastra di SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apa sajakah unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam Cerita Rakyat Asal Mula Banyuwangi Raden Banterang karya Tira Ikranegara?; 2) Bagaimanakah pemanfaatan dari telaah unsur-unsur intrinsik Cerita Rakyat Asal Mula Banyuwangi Raden Banterang karya Tira Ikranegara sebagai alternatif materi ajar kelas IV sekolah dasar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam Cerita Rakyat Asal Mula Banyuwangi Raden Banterang karya Tira Ikranegara; 2) Mendiskripsikan pemanfaatan dari telaah unsur-unsur intrinsik Cerita Rakyat Asal Mula Banyuwangi Raden Banterang karya Tira Ikranegara sebagai alternatif materi ajar kelas IV berupa RPP, LKPD, dan LKK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data yang digunakan adalah buku Cerita Rakyat Asal Mula Banyuwangi Raden Banterang Karya Tira Ikranegara, buku guru, dan buku siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017 kelas IV SD semester 1 sebagai bahan rujukan pemanfaatan hasil penelitian. Analisis 7 cerita dalam buku Cerita Rakyat Asal Mula Banyuwangi Raden Banterang karya Tira Ikranegara dipilih berdasarkan wawancara dengan hasil yang beragam. Unsur intrinsik tema berisi mengenai beberapa tindakan perilaku tercela dan perilaku terpuji. Latar tempat pada 7 cerita yang telah di telaah bertempat di sebuah goa, di istana kerajaan Klungkung, istana Blambangan, dan di pinggiran sungai tepi hutan. Latar waktu yang ditemukan dalam cerita terjadi pada pagi hari, siang hari, dan sore hari. Terdapat 4 cerita yang tidak ditemukan latar waktunya. Latar suasana yang ditemukan dalam cerita adalah suasana panik, bahagia, emosi, ketakutan, penyesalan, dan sedih. Tokoh dalam cerita bervariasi. Sri Baginda, Prabu Menak Prakosa, Raden Banterang, dan Dewi Supraba merupakan beberapa tokoh utama dalam cerita. Dewi Supraba, Pendekar Tanpa Nama, Patih Ragajampi, Bagus Tantra, dan Pengemis merupakan beberapa tokoh tambahan dalam 7 cerita tersebut. Terdapat 5 cerita yang memiliki alur maju. Satu cerita dengan alur mundur, serta 1 cerita memiliki alur campuran. Amanat yang dapat diambil dari 7 cerita yang telah ditelaah mengandung karakter serta perilaku positif seperti tolong-menolong dan tidak sombong. Pemanfaatan unsur-unsur dapat digunakan sebagai alternatif materi ajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar karena dapat membantu peserta didik lebih meningkatkan penguasaan bahasa dalam apresiasi sastra pada Kompetensi Dasar 3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagianya) dan 4.5 Mengkomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lian dan tulis yang didukung oleh alasan pada semester 1 Tema 4 Berbagai Pekerjaan berupa RPP, LKPD, dan LKK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah 1) Bagi guru, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan alternatif materi ajar di sekolah dasar khususnya dalam materi unsur inrinsik; 2) Bagi sekolah, hendaknya mengarahkan untuk memperluas bacaan siswa di perpustakaan sekolah, terutama buku bacaan yang berasal dari daerah; 3) Bagi peneliti lain, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengembangkan penelitian sejenis yang akan dilakukan selanjutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111520
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository