• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Teks Deskripsi Berbasis Articulate Storyline 3 untuk SMP/MTs Kelas VII

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI [Ahmad Fajar Nurul Ilmi_180210402066].pdf (3.283Mb)
    Date
    2022-11-17
    Author
    ILMI, Ahmad Fajar Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan interaktif dengan menggunakan media pembelajaran berupa video maupun gambar. Siswa akan lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran ketika menggunakan media pembelajaran berupa video. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi. Guru dapat memanfaatkan aplikasi Articulate Storyline 3 untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penerapan media pembelajaran berbasis teknologi bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menguasai materi pembelajaran dan melakukan proses pembelajaran yang berbeda. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D, yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Hasil penghitungan persentase kelayakan media pembelajaran dari para validator maupun respon siswa, mendapatkan hasil yang sama sebesar 94%. Dengan demikian, persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran teks deskripsi berbasis Articulate Storyline 3 untuk SMP/MTs kelas VII sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran teks deskripsi berbasis Articulate Storyline 3 juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari 10 siswa yang mengikuti uji coba terbatas, terdapat 8 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 dan 2 siswa mendapat nilai ≤ 75.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111460
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository