Pengaruh Model Spatial Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA/MA
Abstract
Permasalahan yang sedang dihadapi dalam pembelajaran geografi salah satunya adalah kurangnya minat dan motivasi belajar dari siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di MAN 2 Banyuwangi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir spasial pada siswa belum optimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan model pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu guru sering menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran geografi, serta hanya terpaku pada buku lembar kerja siswa dan buku paket, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model spatial based learning (SBL) terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA/MA.Metode penelitian yang digunakan dengan perlakuan (treatment) yang diberikan. Hasil dari uji T Paired menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment). Hasil analisis data menunjukkan nilai Sig (2-tailed) < 0.05 (95% kepercayaannya). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model spatial based learning (SBL) berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa, sehingga model ini dapat dimanfaatkan sebagai model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa.