Show simple item record

dc.contributor.authorRULLY AITANA DEVITASARI
dc.date.accessioned2013-09-19T05:55:52Z
dc.date.available2013-09-19T05:55:52Z
dc.date.issued2013-09-19
dc.identifier.nimNIM080210204194
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1113
dc.description.abstractMetode diskusi dengan media gambar merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif, dapat melatih siswa dalam mengambil suatu keputusan, melatih kerjasama dalam kelompok, dan dengan media gambar dapat mempermudah siswa memahami materi karena guru memberikan contoh-contoh konkrit serta meberikan variasi kegiatan pembelajaran. Diharapkan dalam pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan penerapan metode diskusi dengan media gambar pada mata pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa kelas V SDN Wirolegi 02 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa; (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa penerapan metode diskusi dengan media gambar pada mata pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa kelas V SDN Wirolegi 02; (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa hingga dapat memenuhi KKM dengan penerapan metode diskusi dengan media gambar pada mata pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa kelas V SDN Wirolegi 02. Penelitian ini dilakukan pada kelas V semester ganjil SDN Wirolegi 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Metode penentuan daerah penelitian adalah purposive area yaitu SDN Wirolegi 02 Jember pada kelas V yang berjumlah 25 siswa, pada tahun pelajaran 2011/2012, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil tes, analisis data observasi dan data analisis data wawancara; Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dengan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas V SDN wirolegi 02 Jember. Peningkatan aktivitas belajar siswa tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 68 % dengan kriteria cukup aktif dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 71,73% dengan kriteria aktif. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata- rata 60% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan belajar pada 80% pada siklus II sehingga mencapai klasikal sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dengan media gambar, siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi pokok kenampakan alam dan kenampakan buatan di Indonesia. Saran yang diberikan adalah persiapan yang dilakukan dalam menerapkan metode diskusi dengan media gambar harus lebih diperhatikan, dan metode diskusi dengan media gambar dapat dijadikan sebagai latihan membiasakan siswa dalam menyampaikan gagasan atau pendapat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204194;
dc.subjectMETODE DISKUSIen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WIROLEGI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record