dc.description.abstract | Metode diskusi dengan media gambar merupakan salah satu metode
pembelajaran yang efektif, dapat melatih siswa dalam mengambil suatu keputusan,
melatih kerjasama dalam kelompok, dan dengan media gambar dapat mempermudah
siswa memahami materi karena guru memberikan contoh-contoh konkrit serta
meberikan variasi kegiatan pembelajaran. Diharapkan dalam pembelajaran ini dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan penerapan metode diskusi
dengan media gambar pada mata pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam dan
buatan di Indonesia pada siswa kelas V SDN Wirolegi 02 dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa; (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar
siswa penerapan metode diskusi dengan media gambar pada mata pelajaran IPS
materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa kelas V SDN
Wirolegi 02; (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa hingga dapat
memenuhi KKM dengan penerapan metode diskusi dengan media gambar pada mata
pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa
kelas V SDN Wirolegi 02.
Penelitian ini dilakukan pada kelas V semester ganjil SDN Wirolegi 02
Jember tahun pelajaran 2011/2012. Metode penentuan daerah penelitian adalah
purposive area yaitu SDN Wirolegi 02 Jember pada kelas V yang berjumlah 25
siswa, pada tahun pelajaran 2011/2012, sedangkan metode pengumpulan data
menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil tes, analisis data observasi dan data analisis
data wawancara;
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa melalui metode diskusi dengan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas V
SDN wirolegi 02 Jember. Peningkatan aktivitas belajar siswa tersebut dapat dilihat
dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 68 % dengan kriteria cukup
aktif dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 71,73% dengan kriteria aktif. Hal ini
berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi aktif.
Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-
rata 60% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan belajar pada 80% pada siklus II
sehingga mencapai klasikal sebesar 75%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi
dengan media gambar, siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada
materi pokok kenampakan alam dan kenampakan buatan di Indonesia. Saran yang
diberikan adalah persiapan yang dilakukan dalam menerapkan metode diskusi
dengan media gambar harus lebih diperhatikan, dan metode diskusi dengan media
gambar dapat dijadikan sebagai latihan membiasakan siswa dalam menyampaikan
gagasan atau pendapat. | en_US |