PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WIROLEGI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Metode diskusi  dengan  media  gambar  merupakan  salah  satu  metode
pembelajaran  yang  efektif,  dapat  melatih  siswa  dalam  mengambil  suatu  keputusan,
melatih kerjasama dalam kelompok, dan dengan media gambar dapat mempermudah
siswa  memahami  materi  karena  guru  memberikan  contoh-contoh  konkrit  serta
meberikan  variasi  kegiatan  pembelajaran. Diharapkan  dalam  pembelajaran  ini dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini  bertujuan:  (1) untuk  menjelaskan penerapan metode diskusi
dengan media gambar pada mata pelajaran IPS materi pokok  kenampakan alam dan
buatan  di  Indonesia  pada  siswa  kelas  V  SDN  Wirolegi  02  dapat  meningkatkan
aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa;  (2)  untuk  mengetahui  peningkatan  aktivitas  belajar
siswa penerapan metode diskusi  dengan  media  gambar  pada  mata  pelajaran  IPS
materi pokok    kenampakan  alam  dan  buatan  di  Indonesia  pada  siswa  kelas  V  SDN
Wirolegi  02;  (3)  untuk  mengetahui  peningkatan  hasil  belajar  siswa  hingga  dapat
memenuhi KKM dengan penerapan metode diskusi dengan  media gambar pada mata
pelajaran  IPS materi pokok    kenampakan  alam  dan  buatan  di  Indonesia  pada  siswa
kelas V SDN Wirolegi 02.
Penelitian  ini  dilakukan pada kelas  V  semester  ganjil  SDN  Wirolegi  02
Jember  tahun  pelajaran  2011/2012.  Metode  penentuan  daerah  penelitian  adalah
purposive area yaitu  SDN  Wirolegi  02  Jember pada  kelas  V  yang  berjumlah  25
siswa, pada tahun  pelajaran  2011/2012,  sedangkan  metode  pengumpulan  data
menggunakan  metode  observasi,  tes,  wawancara,  dan  dokumentasi. Analisis  data yang digunakan adalah analisis data hasil tes, analisis data observasi dan data analisis
data wawancara;
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  peningkatan  aktivitas  dan  hasil  belajar
siswa melalui metode diskusi dengan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas V
SDN  wirolegi 02  Jember.  Peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  tersebut  dapat  dilihat
dari  skor  rata-rata  yang  diperoleh  pada  siklus  I  adalah 68  %  dengan  kriteria cukup
aktif dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 71,73% dengan kriteria aktif. Hal ini
berarti  aktivitas  belajar  siswa  meningkat  dari  kriteria  cukup  aktif  menjadi  aktif.
Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik  yang dibuktikan dengan  nilai rata-
rata  60%  pada  siklus  I  dan pencapaian  ketuntasan  belajar  pada  80%  pada  siklus  II
sehingga mencapai klasikal sebesar 75%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi
dengan media gambar, siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada
materi pokok kenampakan  alam  dan  kenampakan  buatan  di  Indonesia. Saran  yang
diberikan  adalah  persiapan  yang  dilakukan  dalam  menerapkan metode diskusi
dengan  media  gambar harus  lebih  diperhatikan,  dan metode diskusi    dengan  media
gambar dapat  dijadikan  sebagai  latihan  membiasakan  siswa  dalam  menyampaikan
gagasan atau pendapat.
