• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Fredy Saliyansyah - 060210192116_1.pdf (112.1Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Fredy Saliyansyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam Pembelajaran konvensional dalam prakteknya cenderung mengacu pada pandangan behavioristik. Proses pembelajaran konvensional ini cenderung terpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif. Peran guru hanya mengajarkan materi yang berorientasi pada hasil belajar tanpa memperhatikan bagaimana proses pembelajaran terjadi. Dengan kata lain siswa ditempatkan sebagai objek dalam suatu pembelajaran. Pada umumnya, metode yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran fisika adalah metode ceramah, dengan kegiatan belajar mengajar fisika yang berlangsung searah yaitu guru sebagai pusat kegiatan, sedang siswa diposisikan sebagai obyek yang akan selalu menerima apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menyebabkan fisika menjadi pelajaran yang kurang menarik bagi siswa disebabkan fisika selalu identik dengan menghafal rumus dan ketika pembelajaran siswa cenderung pasif. SMP Negeri 1 Bangsalsari adalah salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Jember. Berdasarkan observasi kegiatan belajar mengajar yang terjadi di SMP Negeri 1 Bangsalsari, Terlihat kurang bisa diterima siswa dengan baik. Guru hendaknya tidak menyajikan materi pelajaran fisika dalam bentuk yang membuat siswa bersikap pasif, melainkan harus diatur sehingga mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu pada pembelajaran fisika diharapkan siswa dapat belajar merumuskan masalah, untuk menarik siswa lebih aktif berfikir dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran harus mampu membuat siswa berfikir aktif dan tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa berfikir aktif untuk memperoleh suatu konsep dibantu pertanyaan-pertanyaan adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah, dan model ini akan lebih baik lagi jika media yang digunakan memanfaaatkan teknologi, salah satunya adalah media pembelajaran berbantu komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bangsalsari. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pre-test post-test control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent Sample t-tes untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan menggunakan persentase aktivitas klasikal untuk menjawab rumusan masalah yang kedua.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11114
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga). 

      Ikhsanul Halikin (2013-12-24)
      Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ...
    • PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP 

      SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)
      Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...
    • Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran 

      Ani, Hety Mustika (2013-07-01)
      Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository