PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP
Abstract
Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam
Pembelajaran konvensional dalam prakteknya cenderung mengacu pada
pandangan behavioristik. Proses pembelajaran konvensional ini cenderung
terpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif. Peran guru hanya mengajarkan
materi yang berorientasi pada hasil belajar tanpa memperhatikan bagaimana
proses pembelajaran terjadi. Dengan kata lain siswa ditempatkan sebagai objek
dalam suatu pembelajaran. Pada umumnya, metode yang paling banyak digunakan
dalam pembelajaran fisika adalah metode ceramah, dengan kegiatan belajar
mengajar fisika yang berlangsung searah yaitu guru sebagai pusat kegiatan,
sedang siswa diposisikan sebagai obyek yang akan selalu menerima apa yang
disampaikan oleh guru.
Hal ini menyebabkan fisika menjadi pelajaran yang kurang menarik bagi
siswa disebabkan fisika selalu identik dengan menghafal rumus dan ketika
pembelajaran siswa cenderung pasif. SMP Negeri 1 Bangsalsari adalah salah satu
sekolah yang ada di Kabupaten Jember. Berdasarkan observasi kegiatan belajar
mengajar yang terjadi di SMP Negeri 1 Bangsalsari, Terlihat kurang bisa diterima
siswa dengan baik.
Guru hendaknya tidak menyajikan materi pelajaran fisika dalam bentuk
yang membuat siswa bersikap pasif, melainkan harus diatur sehingga mendorong
siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu pada pembelajaran fisika
diharapkan siswa dapat belajar merumuskan masalah, untuk menarik siswa lebih
aktif berfikir dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penggunaan model
pembelajaran harus mampu membuat siswa berfikir aktif dan tidak hanya
mendengarkan penjelasan dari guru.
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa berfikir aktif
untuk memperoleh suatu konsep dibantu pertanyaan-pertanyaan adalah Model
Pembelajaran Berbasis Masalah, dan model ini akan lebih baik lagi jika media
yang digunakan memanfaaatkan teknologi, salah satunya adalah media
pembelajaran berbantu komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah:
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bangsalsari. Responden penelitian ditentukan
setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster
random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pre-test post-test control
design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent
Sample t-tes untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan
menggunakan persentase aktivitas klasikal untuk menjawab rumusan masalah
yang kedua.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga).
Ikhsanul Halikin (2013-12-24)Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ... -
PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ... -
Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran
Ani, Hety Mustika (2013-07-01)Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...