METODE DISKUSI DENGAN ANALISIS FOTO KEJADIAN FISIKA ( METODE DISKUSI DENGAN ANALISIS FOTO KEJADIAN FISIKA ( METODE DISKUSI DENGAN ANALISIS FOTO KEJADIAN FISIKA (
Abstract
Hasil pengaplikasian Fisika dan peristiwa alam yang bersifat riil pada
umumnya tidak mudah untuk dibawa di tempat lain termasuk di sekolah atau
dikelas. Berkaitan dengan perwujudan pembuatan media yang kontestual, maka
pelaksanaan tugas pembuatan media pembelajaran Fisika yang kontekstual
dengan siswa sekolah menengah jarang sekali dapat terwujud dengan baik
Tujuan penelitian ini adalah :
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
yang ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilakukan
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Situbondo dengan responden penelitin kelas X-9
dan X-10. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random
sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t two tail untuk menjawab
rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua
menggunakan persentase aktivitas siswa.
Berdasarkan uji Independent Samples t test menggunakan program SPSS
16 diperoleh hasil nilai t hitung 2.557dibandingkan dengan nilai signifikan 0.05,
berdasarkan pedoman pedoman t
≥ 0.05 maka dapat disimpulkan terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil analisis aktivitas belajar siswa kelas eksperimen secara klasikal memiliki
presentase 72,22%. Hal ini menunjukkan aktivitas siswa pada kelas eksperimen
dengan menggunakan Metode Diskusi Dengan Analisis Foto Kejadian Fisika
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
RESPON GURU FISIKA TERHADAP SILABUS FISIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi pada Guru Fisika SMA Negeri di Kotatif Jember)
Samsul Muarif (2014-01-22)Pendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kualitas kehidupan bangsa. Langkah maju dalam dinamika pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh Depdiknas adalah penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ... -
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...