• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI PENDEKATAN STARTER EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Ratna Aprillia - 070210192158_1.pdf (263.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Dian Ratna Aprillia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi. Perkembangan pendidikan di Indonesia akan selalu mengalami perubahan dan pembaharuan. Pembaharuan dalam bidang pendidikan merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada jenjang pendidikan di sekolah menengah. Menurut Harlen (dalam Imansofyani, 2008), karakteristik pembelajaran fisika antara lain: 1) merupakan ilmu yang berhakekat pada proses dan produk, artinya dalam belajar fisika tidak cukup hanya mempelajari produknya melainkan juga menguasai cara memperoleh produk tersebut; 2) produk fisika cenderung bersifat abstrak dan dalam bentuk pengetahuan fisik dan logika-matematik.Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk memperbaiki, memperbaharui, dan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep fisika adalah melalui penerapan metode pembelajaran yang efektif, sesuai dengan karakteristik dan hakikat pembelajaran fisika. Selain itu pembelajaran yang dilakukan harus berpusat pada siswa, siswa secara aktif memproses informasi guna mengonstruksi konsep-konsep fisika yang sedang dipelajarinya untuk mendapatkan suatu pemahaman baru. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Pendekatan Starter Eksperimen . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Pendekatan Starter Eksperimen dengan pembelajaran konvensional di SMA?. (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Pendekatan Starter Eksperimen di SMA?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai pendekatan starter eksperimen dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMA. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar fisika siswa yang mengunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai pendekatan starter eksperimen di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ambulu. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling. Rancangan penelitian menggunakan design randomized posttest only control group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji dependent samples t test untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan persentase efektivitas pembelajaran untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil analisis data untuk prosentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 setelah diterapkan model inkuiri terbimbing disertai pendekatan starter eksperimen dapat dilihat bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar siswa 87,2%, dengan jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 34 siswa dan tidak tuntas sebanyak 5 siswa. Hal ini sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal di SMA Negeri 1 Amulu yaitu sebesar ≥ 78%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing disertai pendekatan starter eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih termotivasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11105
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository