• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Tegangan Utama Rangka Prototype Mobil Listrik TITEN Menggunakan Metode Elemen Hingga

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.507Mb)
    Date
    2022-10-03
    Author
    NAWAWI, Ghafar Amru
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan jumlah transportasi dapat menimbulkan dampak yang signifikan terhadap kondisi lingkungan seperti memperparah pencemaran udara yang diakibatkan emisi gas yang dihasilkan dan persediaan bahan bakar fosil semakin menipis dengan sumber daya alam yang terbatas. Dengan permasalahan diatas, Indonesia harus ikut serta dalam mengembangkan teknologi terbaru pada kendaraan yang hemat bahan bakar atau menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Mobil listrik merupakan kendaraan menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Dalam mengembangkan mobil listrik, salah satu komponen utama yang penting dalam perencanaan adalah rangka. Maka dari itu dilakukan analisis tegangan utama rangka tipe prototype mobil listrik TITEN menggunakan metode elemen hingga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi metode elemen hingga menggunakan software ansys workbench. Pada proses pemodelan rangka prototype mobil listrik TITEN menggunakan software solidwork. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai tegangan utama pada rangka prototype mobil listrik TITEN menggunakan simulasi metode elemen hingga. Hasil simulasi menggunakan software ansys workbench adalah tegangan von mises, safety factor, tegangan geser, tegangan geser maksimum, tegangan utama maksimum, dan tegangan utama minimum. Setelah di dapatkan data hasil simulasi, kemudian dilanjutkan dengan membandingan hasil penelitian sebelumnya menggunakan sensor strain gauge yang terhubung dengan rangka. Perbandingan tersebut dilakukan untuk mengetahui nilai simpangan yang terjadi. Nilai tegangan utama maksimum dan minimum pada rangka prototype mobil listrik TITEN dengan pembebanan penumpang sebesar 45 kg dan 56 kg yang dihasilkan dari simulasi metode elemen hingga menggunakan software ansys workbench masing masing adalah 282,22 MPa, 37,87 MPa, 296,2 MPa, dan 47,08 MPa. Berat penumpang mempengaruhi hasil tegangan utama pada rangka. Semakin besar berat penumpang semakin besar juga nilai tegangan utama. Hasil perbandingan dari nilai simulasi dan penelitian sebelumnya adalah nilai simpangan masih relatif besar. Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin strain gauge mengalami kerusakan pada saat proses pengukuran, muncul gelembung udara disekitar strain gauge dan terjadi gangguan saat proses pengukuran berlangsung.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110919
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository