Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia Kelas X IPS SMA Negeri Arjasa Tahun Ajaran 2021/2022)
Abstract
Penerapan metode diskusi kelompok pada pembelajaran ekonomi peminatan kelas X IPS
masih kurang maksimal dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa secara merata.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif
Student Team Achivement Divsion (STAD) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar kognitif dan
psikomotorik. Metode yang dipakai yaitu Quasi Experimental Design dengan desain
Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang dipakai yakni siswa kelas X IPS 2 dan X IPS
3 sebanyak 68 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa perolehan rata-rata hasil belajar kelas
X IPS 3 sebesar 79,14. Hasil ini lebih tinggi dari kelas X IPS 2 yang menjadi kelas kontrol rata-ratanya 74,52. Uji N-gain nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol tergolong kriteria rendah,
sedangkan nilai hasil belajar kelas eksperimen yang termasuk dalam kriteria sedang. Hal ini
membuktikan bahwa implementasi pembelajaran model kooperatif tipe STAD dikolaborasikan
dengan media Quizizz terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.