• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS KOPI RAKYAT DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Alfia Nur Ulfah.pdf (363.4Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Alfia Nur Ulfah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kopi merupakan komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi dan sebagai penghasil devisa. Pada proses pemasaran kopi rakyat yang terjadi di Kabupaten Jember, terdapat beberapa pola saluran pemasaran yang melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Setiap lembaga pemasaran yang terlibat akan melakukan beberapa fungsi pemasaran, sehingga mengakibatkan semakin besar biaya pemasaran dan dapat mempengaruhi efisiensi saluran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pola saluran pemasaran komoditas kopi rakyat di Kabupaten Jember, (2) fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masingmasing lembaga pemasaran dan (3) nilai efisiensi masing-masing saluran. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil pada tahun 2008. Pengambilan contoh responden untuk petani digunakan metode purposive sampling, sedangkan pengambilan contoh untuk lembaga pemasaran menggunakan metode Snow Ball Sampling. Pendekatan deskriptif menggambarkan pola saluran pemasaran komoditas kopi rakyat (Robusta,sp) dan juga fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemasaran. Nilai efisiensi pemasaran diketahui dengan menggunakan alat analisis margin pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 jenis saluran pemasaran kopi rakyat yang terjadi di Kabupaten Jember. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masingmasing lembaga pemasaran kopi rakyat hampir sama secara umum, meliputi : penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pengemasan, pembiayaan, informasi pasar, dan standarisasi. Berdasarkan nilai Share margin, semua jenis saluran pemasaran kopi rakyat di tiap desa adalah efisien. Nilai margin menunjukan bahwa saluaran III adalah yang paling efisien di Desa Gelang, untuk Desa Sidomulyo dan Garahan yang paling efisien adalah saluran IV.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11087
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository