IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI PADA DEALER HONDA GUNAWAN MOTOR I JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran promosi
pada dealer Gunawan Motor I Jember. Penelitian ini dilakukan di Dealer Honda
Gunawan Motor I Jember dengan melakukan penelitian kualitatif pendekatan
deskriptif. Tahap pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan melakukan
wawancara atau wawancara mendalam untuk mengetahui, memperluas, dan
memperdalam deskripsi penelitian.
Periklanan yang dilaksanakan oleh dealer Gunawan Motor I Jember
berupa media luar ruangan dan media cetak. Periklanan ini bertujuan untuk
menginformasikan produk dan keunggulan yang dimiliki.
Penjualan pribadi yang dilaksanakan oleh dealer Gunawan Motor I
Jember. Penjualan pribadi yang dilakukan berupa presentasi langsung di depan
calon konsumen. Penjualan pribadi ini dilaksanakan oleh salesman dan sales
promotion girl ( SPG )
Promosi penjualan yang dilaksanakan oleh dealer Gunawan Motor I
jember. Promosi penjualan dilakukan untuk menarik minat dan merangsang
pembelian baru maupun pembelian ulang. Promosi penjualan dilaksanakan
melalui, pameran hadiah dan diskon atau potongan harga.
Hubungan masyarakat yang dilakukan oleh dealer Gunawan Motor I
Jember. Perusahaan tersebut menjalin hubungan baik dengan masyarakat karena
mengutamakan kepercayaan masyarakat agar dapat menciptakan citra perusahaan
yang positif sehingga daeler Gunawan Motor Jember I dalam melakukan kegiatan
publisitas yang dimaksudkan untuk membentuk dan menjaga penilaian positif
masyarakat terhadap perusahaan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk tetap menjaga
citra positif dari masyarakat.