Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Penulisan Surat Undangan Ulang Tahun Siswa Kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember
Abstract
Menulis merupakan keterampilan mengkomunikasikan gagasan, pikiran
dan informasi yang seharusnya dilatihkan sejak siswa berada dibangku sekolah
dasar. Menulis dapat menumbuhkan kreativitas siswa, mengemukakan ide dan
gagasannya secara runtut dan sistematis sehingga mudah untuk dipahami orang
lain. Menulis sebuah surat hendaknya memperhatikan penggunaan huruf kapitan
dan tanda baca yang baik dan benar pada kenyataannya bahwa masih terdapat
kesalahan dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang dilakukan oleh
siswa kelas V SDN Tegal Besar 01. Kesalahan penulisan huruf kapital sering
dialami siswa-siswa kelas V, mengakibatkan siswa menulis tidak sesuai dengan
tata penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Oleh karena itu, sangat perlu
adanya kajian kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam
penulisan surat yang dibuat oleh siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah
kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan surat
undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember; 2) apakah
faktor-faktor kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan
surat undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember. Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kesalahan penggunaan
huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan surat undangan ulang tahun siswa
kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember; 2) faktor-faktor kesalahan penggunaan
huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan surat undangan ulang tahun siswa
kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Besar 01 Jember tahun
pelajaran 2021/2022. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan huruf kapital dan tanda baca
pada surat undangan ulang tahun yang dibuat oleh siswa. Sumber data pada
penelitian ini adalah surat undangan ulang tahun yang ditulis siswa dan
wawancara guru wali kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember tahun pelajaran
2021/2022. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Analisis data kualitatif terdiri atas
tiga proses yaitu tahap reduksi, tahap penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dan pembahasan panelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesalahan
penggunaan huruf kapital dalam penulisan surat undangan ulang tahun siswa kelas
V SDN Tegal Besar 01 Jember yaitu kesalahan penggunaan huruf kapital,
kesalahan yang terlihat adalah ketidaktepatan penggunaan huruf kapital yang
seharusnya digunakan di awal kalimat, unsur geografi dan alamat, unsur nama
orang, unsur tahun, bulan dan hari, serta kesalahan penggunaan huruf kapital
ditengah kalimat. Persentase kesalahan penggunaan huruf kapital yang dilakukan
siswa yaitu 62,90%. Kesalahan penggunaan tanda baca pada penulisan surat
undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember termasuk
kategori sedang dengan persentase 55,88% meliputi kesalahan penggunaan tanda
titik dengan persentase 35,06%, kesalahan penggunaan tanda koma dengan
persentase 87,5%, kesalahan penggunaan tanda titik dua dengan persentase
61,34%, kesalahan penggunaan tanda hubung dengen persentase 36,36%, dan
kesalahan penggunaan tanda seru dengan persentase 100%; (2) faktor-faktor
kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan surat
undangan ulang tahun siswa kelas V SDN Tegal Besar 01 Jember meliputi faktor
dari diri siswa sendiri, faktor pendidik/guru, faktor lingkungan.
Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru, untuk meningkatkan
pengetahuan bagaimana mengetahui kesalahan-kesalahan yang umum atau yang
sering terjadi dan memberikan pembenaran pada siswa, serta memberikan
pemahaman bagaimana pentingnya memahami penggunaan huruf kapital dan
tanda baca dengan baik dan benar khususnya menulis surat undangan. Bagi siswa,
pembiasaan menulis dan membaca dapat menjadi alternatif dalam mempelajari penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang baik dan benar sesuai Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Bagi peneliti lain, untuk mengurangi
kesalahan penggunaan yang sama. Bagi peneliti, untuk terus belajar dan
memperbaiki kesalahan pengunaan huruf kapital dan tanda baca.