Pengembangan Permainan Kooperatif "Jamuran" untuk Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak Disabilitas Intelektual Berat di PAUD Inklusi Pelangi Harapan
Abstract
Disabilitas intelektual merupakan ketidakmampuan yang ditandai rendahnya kemampuan berperilaku adaptif dan fungsi intelektual yang berada di bawah normal. Keterampilan untuk menyesuaikan diri dan membentuk hubungan sosial yang baik dapat menunjang prestasi anak menjadi lebih optimal sehingga kecerdasan interpersonal merupakan salah satu yang menentukan prestasi anak. Permainan kooperatif merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok atau bersama-sama sehingga melibatkan terjadinya interaksi sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan permainan kooperatif "jamuran" untuk menstimulasi kecerdasan interpersonal anak dengan disabilitas intelektual berat di PAUD Inklusi Pelangi Harapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data validasi, teknik analisis data kecakapan kecerdasan interpersonal melalui pengembangan permainan kooperatif. Hasil pengembangan permainan kooperatif ini yaitu: kegiatan stimulasi kecerdasan interpersonal pada anak disabilitas intelektual berat dengan permainan kooperatif yang dikembangkan dikategorikan valid dengan rata-rata nilai validator 1 3,7 dan validator 2 4,6 dan untuk mengetahui kualitas permainan terhadap ketercapaian kecakapan kecerdasan interpersonal pada anak dilakukan dua kali implementasi menggunakan instrumen aktivitas anakdengan nilai rata-rata 70 diinterpretasikan cukup dan respon guru dengan nilai 81,25% diinterpretasikan sangat baik.