dc.contributor.author | NOVITA, Elida | |
dc.contributor.author | SUCIATI, Luh Putu | |
dc.contributor.author | RIAWATI, Nian | |
dc.contributor.author | ANDRIYANI, Idah | |
dc.contributor.author | PRADANA, Hendra Andiananta | |
dc.date.accessioned | 2022-11-07T06:46:52Z | |
dc.date.available | 2022-11-07T06:46:52Z | |
dc.date.issued | 2020-11-01 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110645 | |
dc.description.abstract | Produk olahan yang diupayakan di Agroindustri Kopi Wulan baru berupa kopi
bubuk danukegiatan pemasarannya berjalan kurang efektif. Penjualan produk di
agroindustri tersebut masih bersifat konvensional sehingga memiliki keterbatasan waktu
dan jangkauan pemasaran. Salah satu alternatif metode promosi dan penyebaran informasi
adalah implementasi teknologi informasi serta komunikasi berupa pemanfaatan websitedan
media sosial.Tujuandari Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang
dilaksanakan di Tanah Wulan, Kecamatan Maesan, Bondowoso yaitu melakukan
pendampingan pembuatan inovasi produk dengan memanfaatkan daun kopi sisa
pemangkasan dan limbah kulit buah kopi sertapengmebangan metode pemasaran serta
penyebaran informasi menggunakan websitedan media sosial pada produk Agroindustri
Kopi Wulan.Tahapan pendampingan berupa pembuatan teh dari kulit buah kopi (casacara)
dan daun kopi (konoha) serta pengembangan sarana promosi dalam jaringan yaitu
inventarisasi kondisi dan kegiatan agroindustri kopi, dokumentasi kegiatan, dan pembuatan
konten serta pemeliharaan website. Hasil pendampingan pembuatan tehcascara dan konoha
berpotensi meningkatkan antusiasme dan pengetahuan peserta pelatihan dalam
pemanfaatan limbah dari pengolahan komoditi kopi.nMediaonline yang sudah dibuat dan
digunakan sebagai media promosi produk Agroindustri Kopi Wulan yaitu Website,
Instagram, Facebook, YouTube, dan e-commerce Shopee. Capaian dari kegiatan perluasan
pemasaran ini berupa potensi peningkatan penjualan produk Agroindustri Kopi pada Tahun
2019 diperkirakan sebesar 500% dari tahun 2018. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) | en_US |
dc.subject | penjualan | en_US |
dc.subject | online | en_US |
dc.subject | pemanfaatan limbah | en_US |
dc.subject | media sosial | en_US |
dc.subject | diversifikasi dan inovasi produk | en_US |
dc.title | Pendampingan Pengembangan Produk Dan Metode Pemasaran Pada Agroindustri Kopi Wulan Kabupaten Bondowoso | en_US |
dc.type | Article | en_US |