Pengembangan E-Modul Sejarah Berbasis Colonial Heritage of Jember untuk Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA di Kabupaten Jember
Abstract
Pembelajaran sejarah abad ke-21 berorientasi pada pemenuhan kebutuhan
generasi Z. Generasi Z dibesarkan di era yang penuh dengan ketegangan politik,
kekerasan dan ketidakstabilan sosial, namun dilengkapi dengan kemudahan
informasi dan kemajuan teknologi. Pembelajaran sejarah diabad ke-21 ini,
diharapkan mampu memenuhi kebutuhan generasi Z yang memiliki karakteristik
dan kecenderungan di atas dengan desain pembelajaran yang lebih inovatif
memanfaatkan teknologi. Modul elektronik (E-modul) merupakan seperangkat
pembelajaran yang terencana dan digunakan untuk membantu peserta didik
belajar secara mandiri, serta dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan
hasil angket analisis performansi dapat diidentifikasi analisis kebutuhan dan
kesenjangan terkait pembelajaran sejarah di SMAN Jenggawah memberikan
kesimpulan bahwa dibutuhkan inovasi pengembangan media e-modul yang baru
yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan pada
pengembangan karakter peserta didik. Maka peneliti memilih model pembelajaran
yang diterapkan dalam e-modul harus sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.