Show simple item record

dc.contributor.authorBrian Aziz Suryadana
dc.date.accessioned2013-12-20T03:30:34Z
dc.date.available2013-12-20T03:30:34Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210192159
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11058
dc.description.abstractSecara umum, pelaksanaan pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas saat ini sering mengalami kendala, fakta yang terjadi menunjukkan bahwa fisika masih diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran ini cenderung terpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif. Peran guru hanya mengajarkan materi yang berorientasi pada hasil belajar tanpa memperhatikan bagaimana proses pembelajaran terjadi. Model konvensional ini menempatkan guru pada pusat perhatian dan siswa selalu menerima tanpa aktif berfikir dan hanya mencatat hal-hal penting saja. Dengan kata lain siswa ditempatkan sebagai objek dalam suatu pembelajaran. Group Investigation (GI) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Selain penggunaan model, guru harus mampu menerapkan media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan komunikatif, salah satunya adalah media kartu masalah. Penggunaan media kartu masalah yang menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan penerapan model Group Investigation (GI) diharapkan dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sebagai salah satu indikator kualitas pembelajaran. Media kartu masalah dalam penelitian ini digunakan sebagai pelengkap dan menjadi variasi untuk model Group Investigation tujuannya adalah agar siswa dapat memahami konsep-konsep fisika yang dikemas dalam bentuk kartu melalui suatu permainan. Tahap-tahap model pembelajaran kooperatif Group Investigation disertai media kartu masalah dalam pembelajaran fisika adalah: mengidentifikasi topik dan membagi siswa ke dalam kelompok; merencanakan tugas; membuat penyelidikan; mempersiapkan tugas akhir; mempresentasikan tugas akhir; evaluasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) disertai Media Kartu Masalah dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Fisika Di SMA?”.sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : “untuk mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) disertai Media Kartu Masalah dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Fisika Di SMA”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, adapun bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design yaitu jenis penelitian yang dianggap sudah baik karena sudah memenuhi persyaratan yaitu dengan adanya kelompok lain yang tidak dikenai perlakuan tetapi ikut mendapat pengamatan, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas x.4 (kelas eksperimen) dan x.7 (kelas kontrol) SMA Negeri 1 Glenmore. Penelitian ini dimulai tanggal 17 Mei 2012 semester genab tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (x.4) dan kelas kontrol (x.7) Dari hasil perhitungan diperoleh harga t test = 11,62 kemudian harga t dikonsultasikan dengan harga t dengan db =74 dengan taraf signifikansi 5 %. Nilai db = 74 mempunyai harga t tabel test = 1,992543, dengan demikian nilai t (11,62 > 1,992543) sehingga hipotesis nihil (H ) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) disertai media kartu masalah lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192159;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Group Investigation, Media Kartu Masalahen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DISERTAI MEDIA KARTU MASALAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record