• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DISERTAI MEDIA KARTU MASALAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    BRIAN AZIZ SURYADANA - 070210192159 (2)_1.pdf (335.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Brian Aziz Suryadana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara umum, pelaksanaan pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas saat ini sering mengalami kendala, fakta yang terjadi menunjukkan bahwa fisika masih diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran ini cenderung terpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif. Peran guru hanya mengajarkan materi yang berorientasi pada hasil belajar tanpa memperhatikan bagaimana proses pembelajaran terjadi. Model konvensional ini menempatkan guru pada pusat perhatian dan siswa selalu menerima tanpa aktif berfikir dan hanya mencatat hal-hal penting saja. Dengan kata lain siswa ditempatkan sebagai objek dalam suatu pembelajaran. Group Investigation (GI) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Selain penggunaan model, guru harus mampu menerapkan media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan komunikatif, salah satunya adalah media kartu masalah. Penggunaan media kartu masalah yang menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan penerapan model Group Investigation (GI) diharapkan dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sebagai salah satu indikator kualitas pembelajaran. Media kartu masalah dalam penelitian ini digunakan sebagai pelengkap dan menjadi variasi untuk model Group Investigation tujuannya adalah agar siswa dapat memahami konsep-konsep fisika yang dikemas dalam bentuk kartu melalui suatu permainan. Tahap-tahap model pembelajaran kooperatif Group Investigation disertai media kartu masalah dalam pembelajaran fisika adalah: mengidentifikasi topik dan membagi siswa ke dalam kelompok; merencanakan tugas; membuat penyelidikan; mempersiapkan tugas akhir; mempresentasikan tugas akhir; evaluasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) disertai Media Kartu Masalah dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Fisika Di SMA?”.sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : “untuk mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) disertai Media Kartu Masalah dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Fisika Di SMA”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, adapun bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design yaitu jenis penelitian yang dianggap sudah baik karena sudah memenuhi persyaratan yaitu dengan adanya kelompok lain yang tidak dikenai perlakuan tetapi ikut mendapat pengamatan, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas x.4 (kelas eksperimen) dan x.7 (kelas kontrol) SMA Negeri 1 Glenmore. Penelitian ini dimulai tanggal 17 Mei 2012 semester genab tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (x.4) dan kelas kontrol (x.7) Dari hasil perhitungan diperoleh harga t test = 11,62 kemudian harga t dikonsultasikan dengan harga t dengan db =74 dengan taraf signifikansi 5 %. Nilai db = 74 mempunyai harga t tabel test = 1,992543, dengan demikian nilai t (11,62 > 1,992543) sehingga hipotesis nihil (H ) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) disertai media kartu masalah lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11058
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository