Metode Pelaksanaan Abutment pada Proyek Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel Kabupaten Bojonegoro
Abstract
Jembatan Kanor-Rengel adalah jembatan yang dibangun sebagai penghubung antara Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro dan Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban yang merupakan jalan yang sering dilalui oleh kendaraan serta arus lalu lintas yang cukup ramai karena merupakan jalur utama masyarakat Desa Semambung menuju Desa Ngadirejo. Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel direncanakan menggunakan konstruksi beton bertulang dengan bentang 210 meter dan mempunyai lebar 9 meter. Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel terdiri dari struktur bawah jembatan yang berupa pilar jembatan dan abutment, serta struktur atas jembatan hingga finishing yaitu pemasangan rangka baja jembatan. Pada proyek akhir ini difokuskan pada pekerjaan abutment yang merupakan struktur bawah jembatan. Abutment berfungsi memikul seluruh beban yang bekerja pada bangunan diatas jembatan, serta meneruskan beban tersebut ke pondasi. Tipe abutment yang digunakan pada Proyek ini adalah Tipe Balok Kepala (pile cap).
Pembahasan pada proyek akhir ini meliputi metode pelaksanaan dan evaluasi pekerjaan abutment menurut Spesifikasi Bina Marga 2018, dan perhitungan volume kebutuhan tulangan yang digunakan pada pekerjaan abutment. Perhitungan volume kebutuhan tulangan yang dibutuhkan pekerjaan abutment pada Proyek Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel dengan total volume abutment menurut data proyek diperoleh 8140,160 Kg. Sedangkan menurut Analisa perhitungan pada laporan ini diperoleh 8049,352 Kg. Untuk perhitungan volume beton abutment diperoleh hasil 26,626 m³.