Pengaruh Layanan Mobile Banking terhadap Profitabilitas Perusahaan Sektor Perbankan Konvensional di Indonesia (Studi Empiris pada Perbankan Konvensional yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020)
Abstract
Penelitian ini dibuat untuk menguji adanya pengaruh positif kualitas layanan mobile banking terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan sektor perbankan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2020. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020 dan data rating aplikasi mobile banking diperoleh dari aplikasi Play Store. Variabel independen yang digunakan yaitu Mobile Banking, variabel dependen yaitu Net Profit Margin, dan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan total 39 sampel perusahaan. Hasil pengujian menjelaskan bahwa layanan mobile banking tidak memberikan pengaruh pengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor perbankan konvensional. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti banyaknya nasabah yang belum maksimal menggunakan aplikasi mobile banking dan biaya operasional perawatan yang tidak sebanding dengan keuntungan yang didapatkan dari layanan mobile banking.