Strategi Bertahan Hidup Guru Tidak Tetap (GTT) dalam Pemenuhan Kebutuhan Keluarga: Studi Deskriptif di SD Negeri Cangkring 04 Kabupaten Jember
Abstract
Pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru. Profesi guru di lembaga pendidikan dibagi menjadi dua, yakni guru ASN dan guru tidak tetap (GTT). Perbedaan status ini tentunya juga menimbulkan perbedaan finansial. Gaji ASN lebih besar dari pada gaji GTT yang hanya berkisar antara Rp.250.000-Rp.1.000.000. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bertahan hidup yang dilakukan GTT di SD Negeri Cangkring 04 Kabupaten Jember untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan penentuan informan menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara in-depth interview dan guided interview, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa gaji GTT tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Maka dari itu strategi yang dilakukan GTT dalam memenuhi kebutuhan keluarganya yakni dengan melakukan strategi aktif, pasif, dan jaringan.