Show simple item record

dc.contributor.authorIndriani Rahmi Safitri
dc.date.accessioned2013-12-20T03:15:27Z
dc.date.available2013-12-20T03:15:27Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210192136
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11026
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Amin Jatiroto, pengambilan subyek penelitian adalah kelas VIII-C sebanyak 30 siswa, kelas ini ditentukan berdasarkan masalah yang terjadi di kelas melalui aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan siklus Penelitian Tindakan Kelas Model Hopkins. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reflektif. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Persentase dan reliabilitas Instrumen Observasi Aktivitas Siswa digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa ketuntasan hasil belajar pra siklus dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 7% yaitu dari 63% menjadi 80%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II juga meningkat sebesar 6% yaitu dari 80% menjadi 86%. Pada siklus I telah tercapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh Mts Nurul Amin Jatiroto. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan antara sebelum siklus dan setelah siklus. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ini merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kerja sama tim. Siswa dituntut untuk dapat bersosialisasi selama proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini siswa dapat belajar dengan mudah karena materi dan LKS disajikan dalam bentuk animasi fisika. model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini mempunyai langkah yaitu siswa dalam kelompok mengerjakan pertanyaan yang di berikan oleh guru, pertanyaan dalam hal ini adalah LKS yang disajikan dalam bentuk animasi. Kemudian guru memangil salah satu nomor tertentu dan siswa yang nomornya terpanggil menjawab pertanyan di depan kelas. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media pembelajaran komputer (Macromedia Flash) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika di kelas VIII-C MTs Nurul Amin Jatiroto.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192136;
dc.subjectNumbered Head Together (NHT), Media Pembelajaran Komputer, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER (MACROMEDIA FLASH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII-C MTs NURUL AMIN JATIROTOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record