• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER (MACROMEDIA FLASH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII-C MTs NURUL AMIN JATIROTO

    Thumbnail
    View/Open
    Indriani Rahmi S._1.pdf (128.2Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Indriani Rahmi Safitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Amin Jatiroto, pengambilan subyek penelitian adalah kelas VIII-C sebanyak 30 siswa, kelas ini ditentukan berdasarkan masalah yang terjadi di kelas melalui aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan siklus Penelitian Tindakan Kelas Model Hopkins. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reflektif. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Persentase dan reliabilitas Instrumen Observasi Aktivitas Siswa digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa ketuntasan hasil belajar pra siklus dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 7% yaitu dari 63% menjadi 80%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II juga meningkat sebesar 6% yaitu dari 80% menjadi 86%. Pada siklus I telah tercapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh Mts Nurul Amin Jatiroto. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan antara sebelum siklus dan setelah siklus. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ini merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kerja sama tim. Siswa dituntut untuk dapat bersosialisasi selama proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini siswa dapat belajar dengan mudah karena materi dan LKS disajikan dalam bentuk animasi fisika. model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini mempunyai langkah yaitu siswa dalam kelompok mengerjakan pertanyaan yang di berikan oleh guru, pertanyaan dalam hal ini adalah LKS yang disajikan dalam bentuk animasi. Kemudian guru memangil salah satu nomor tertentu dan siswa yang nomornya terpanggil menjawab pertanyan di depan kelas. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media pembelajaran komputer (Macromedia Flash) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika di kelas VIII-C MTs Nurul Amin Jatiroto.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11026
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository