Pengelolaan Arsip Tebus Gadai pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Kantor Cabang Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Kearsipan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan administrasi karena arsip
merupakan pusat ingatan bagi setiap kegiatan dalam suatu kantor. Tanpa arsip tidak
mungkin seorang petugas arsip dapat mengingat semua catatan dan dokumen secara
lengkap. Oleh karena itu suatu kantor dalam mengelola kearsipannya harus
memperhatikan sistem kearsipan yang sesuai dengan keadaan organisasinya dalam
mencapai tujuannya.
PT. Pegadaian memiliki tujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah dan melaksanakan usaha lain
dalam rangka optimalisasi sumber daya perusahaan. Sebagai BUMN dan sektor
keuangan Indonesia yang bergerak pada tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan,
emas dan aneka jasa. Maka akan berkaitan langsung dengan instansi – instansi
pemerintah dan juga terhadap nasabah, akibatnya peroses penyimpanan data – data
sangat penting. Oleh sebab itu dibutuhkan tempat penyimpanan arsip yang sesuai
dengan banyaknya data – data yang akan disimpan untuk mempermudah pencarian.
PT. Pegadaian Unit Pelayanan Kantor Cabang Kabupaten Banyuwangi, sebagai
salah satu outlet yang ada di wilayah Banyuwangi merupakan wadah bagi masyarakat
sekitar untuk mendapatkan pelayanan dengan syarat menggadaikan barang sesuai
dengan produk pegadaian, dan mendapatkan bantuan untuk mengatasi masalahnya.
Dalam melakukan proses gadai maka akan ada banyak data – data nasabah yang
nantinya akan menjadi sumber informasi bagi perusahaan.
Berbagai cara dilakukan untuk pengelolaan arsip yang baik dalam setiap lembaga,
mengarsip dokumen penting dalam.bentuk softfile maupun hardfile dilakukan tetapi
tidak sepenuhnya tertata rapi, karena masih banyak ditemukan dokumen penting sulit
ditemukan ketika dibutuhkan. Arsip perlu dikelola dengan.baik dengan tujuan untuk
membantu tugas lembaga dalam pencapaian tujuan. Jika kearsipan suatu lembaga tidak
tertata rapi, maka pengawai atau karyawan lembaga kesulitan menemukan dokumen
yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat.