Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Berbantuan Software Adobe Illustrator dan After Effect pada Materi Aljabar Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan perubahan
dalam bidang pendidikan. Teknologi yang semakin maju ini telah memasuki era
revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan keluarnya istilah internet of things atau
dapat diartikan bahwa segala sesuatu telah berubah menjadi basis digital. Kemajuan
ini dapat diambil manfaat dalam dunia pendidikan sebagai sarana untuk
mempermudah proses pembelajaran dalam kelas, terlebih pada kondisi pandemi
covid 19 yang saat ini masih berlangsung menyebabkan guru dan siswa harus
beradaptasi dengan proses belajar mengajar melalui jaringan (online). Adanya
kemajuan teknologi memberikan harapan kepada guru dan siswa untuk bisa tetap
melakukan proses pembelajaran yang maksimal. Salah satu bentuk pemanfaatan
teknologi tersebut adalah berupa pengembangan media pembelajaran berbasis
online. Selain itu, pengembangan tersebut tentunya juga harus disesuaikan dengan
kurikulum yang saat ini digunakan, yaitu kurikulum 2013. Kurikulum yang
dimaksud memiliki salah satu tujuan pembelajaran berupa meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa.
Realitanya, kemampuan berpikir kritis siswa pada masa pembelajaran dalam
jaringan saat ini berada pada kategori rendah, khususnya yang terjadi di sekolah
yang menjadi tempat peneliti melakukan penelitian. Oleh karenanya diperlukan
sebuah penelitian pengembangan media pembelajaran audio-visual berbantuan
software Adobe Illustrator dan After Effect pada materi aljabar guna meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Proses pengembangan media pembelajaran ini
menggunakan model 4D milik Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu
tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebaran (disseminate) Materi aljabar kelas VII SMP dipilih dalam penelitian ini karena sesuai
dengan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa
pada sekolah yang akan digunakan sebagai tempat penelitian memiliki nilai
pembelajaran yang masih rendah pada materi tersebut. Sementara itu, pemilihan
software Adobe Illustrator dan After Effect didasarkan pada tersedianya fitur-fitur
yang lengkap pada kedua media tersebut serta mampu menunjang pembuatan
audio-visual yang menarik dan sesuai dengan materi yang dipilih, yaitu materi
aljabar. Beberapa fitur yang disediakan pada kedua media tersebut juga tidak dapat
dijumpai pada beberapa software pembuat video lainnya. Beberapa fitur yang ada
pada Adobe Illustrator di antaranya adalah direct selection tool, magic wand tool,
mesh tool, gradient tool serta kelengkapan efek yang tersedia mulai dari efek tiga
dimensi, distorb and transform, outliner path, dan masih banyak yang lainnya.
Adapun fitur yang menjadi nilai kelebihan dari Adobe After Effect yang tidak
dimiliki oleh software lain adalah kemampuan untuk mengedit video per satuan
frame dengan menyisipkan keyframe-keyframe sehingga menghasilkan gambar
bergerak dengan kualitas yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid,
praktis, dan efektif. Adapun validasi media pembelajaran terdiri dari beberapa
aspek, yaitu aspek isi, kebahasaan, dan format. Berdasarkan hasil uji coba yang
telah dilakukan, diperoleh nilai koefisien korelasi pengembangan media
pembelajaran sebesar 0,83 atau dapat dikategorikan sangat tinggi. Hasil analisis
angket respon pengguna media memperoleh nilai persentase sebesar 93,5% atau
dapat dikategorikan baik. Sementara itu, N-gain dari pengerjaan pretest dan posttest
siswa memperoleh nilai sebesar 0,91 atau dapat dikategorikan tinggi. Dengan
demikian, pengembangan media pembelajaran audio-visual berbantuan software
Adobe Illustrator dan After Effect pada materi aljabar guna meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.