Peran Kepuasan Sebagai Mediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan E-Service Quality Terhadap Minat Menggunakan Ulang Transportasi Online Gojek
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Kepuasan dalam Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan E-Service Quality terhadap Minat Menggunakan Ulang Transportasi Online Gojek. Penelitian ini merupakan explanatory research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penyebaran kuisioner secara online yang dibagikan kepada responden yang berdomisili di Kabupaten Jember dan diperoleh sebanyak 160 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabiliy sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Path Analysis yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan transportasi online Gojek, E-Service Quality berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan transportasi online Gojek, Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menggunakan Ulang transportasi online Gojek, E-Service Quality berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menggunakan Ulang transportasi online Gojek, Kepuasan memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan Ulang dan terbukti memediasi pengaruh Electronic Word Of Mouth dan E-Service Quality terhadap Minat Menggunakan Ulang transportasi online Gojek.