Pengaruh Pengalaman Wisatawan dan Destination Atmospherics terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Wisatawan pada Pantai Boom Marina Banyuwangi
Abstract
Pariwisata adalah salah satu aspek penting yang dapat meningkatkan
pendapatan suatu negara. Sektor pariwisata mengalami perubahan yang sangat
signifikan, dengan adanya perkembangan zaman pariwisata menjadi sektor yang
menjanjikan. Jenis wisata yang ditawarkan di Indonesia tentunya sangat beragam
baik dari wisata budaya, konvensi, pertanian, cagar alam, ziarah sampai wisata
maritim atau bahari. Wisata maritim atau bahari merupakan salah satu objek wisata
unggulan yang ditawarkan pemerintah terhadap wisatawan. Hal ini menjadikan
sebuah peluang pariwisata oleh PT Pelindo Indonesia selaku pihak pengelola wisata
Pantai Boom Marina Banyuwangi. Perubahan yang terjadi pada Pantai Boom
Marina Banyuwangi sebelum dan sesudah di kelola oleh PT Pelindo Indonesia
sangan signifikan, salah satu perubahan yang ditawarkan adalah suasana pantai
yang terasa lebih nyaman serta bersih. Hal ini tentu saja salah satu faktor yang tepat
untuk menilai bagaimana minat wisatawan untuk mengunjungi kembali Pantai
Boom Marina Banyuwangi. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi minat
berkunjung kembali seorang wisatawan, beberapa diantaranya adalah kepuasan
wisatawan, destination atmospheric, serta pengalaman wisatawan.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepuasan
wisatawan sebagai variabel intervening pengaruh pengalaman wisatawan dan
destination atmospheric terhadap minat berkunjung kembali. Penelitian ini
dilakukan dengan menargetkan wisatawan yang telah berkunjung ke Pantai Boom
Marina Banyuwangi sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel
dengan memperhatikan beberapa pertimbangan. Pertimbangan yang dimaksut
adalah minimal responden berusia 18 tahun serta pernah mengunjungi objek wisata
minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer serta metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur
(path analysis) menggunakan bantuan SPSS For Windows 26.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa, pertama pengalaman wisatawan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, kedua destination
atmospheric berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan, ketiga
pengalaman wisatawan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung
kembali, keempat destination atmospheric berpengaruh secara signifikan terhadap
minat berkunjung kembali, kelima kepuasan wisatawan berpengaruh secara
signifikan terhadap minat berkunjung kembali, keenam pengalaman wisatawan
berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui
kepuasan wisatawan dan yang terakhir ketujuh destination atmospheric
berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui
kepuasan wisatawan.