• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Pospace untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognisi Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    tesis tanda air.pdf (3.850Mb)
    Date
    2022-07-19
    Author
    RAMADHAN, Widiet Nurcahyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan saat ini menghadapi tantangan abad 21, dimana transformasi pembelajaran diperlukan agar siswa mampu menguasai berbagai keterampilan untuk menghadapi era persaingan ekonomi global (Suratno et al., 2019). Dalam upaya menghadapi tantang tersebut, guru harus berupaya melakukan peningkatan kualitas pembelajaran untuk mengubah pola pikir atau paradigma pembelajaran IPA yaitu dari pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) menuju berpusat pada siswa (Student Centered Learning) (Nichols, 2017). Oleh karena itu penelitian mengenai pengembangan model pembelajaran yang tepat dan efektif harus diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar yang mandiri (Okpara, 2007). Sehingga pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pilihan yang tepat melalui pengembangan model baru untuk mengajarkan konten sistem reproduksi pada tumbuhan menggunakan kejadian sosial terintegrasi IPA dan Agama yang dibungkus dalam video berbentuk cerita untuk lebih mudah dipahami siswa. Oleh karena itu penelitian mengenai pengembangan model pembelajaran yang tepat dan efektif harus diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar yang mandiri (Okpara, 2007). Sehingga pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pilihan yang tepat melalui pengembangan model baru untuk mengajarkan konten sistem reproduksi pada tumbuhan menggunakan kejadian sosial terintegrasi IPA dan Agama yang dibungkus dalam video berbentuk cerita untuk lebih mudah dipahami siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata validasi menunjukkan skor 94,46 dengan kategori sangat valid, rerata hasil observasi untuk uji kepraktisan model pembelajaran yaitu sebesar 86,5 dengan kategori sangat valid, rerata hasil nilai kesadaran metakognisi sebesar 83,4 dengan kategori cukup berkembang, rerata hasil keterampilan proses IPA sebesar sebesar 77 pada kategori baik dan rerata NGain hasil belajar peserta didik sebesar 0,39 dengan kategori sedang, sehingga hasil pengembangan model pembelajaran POSPACE pada kategori valid, efektif dan praktis
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110057
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository