Show simple item record

dc.contributor.authorAINI, Fila Nur
dc.date.accessioned2022-10-11T05:41:08Z
dc.date.available2022-10-11T05:41:08Z
dc.date.issued2022-08-04
dc.identifier.nim180210104031en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110054
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 11 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractPembelajaran IPA memberikan pengalaman langsung pada siswa dalam pengembangan keterampilan mengeksplorasi secara alamiah yang membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan, mengembangkan kemampuan berpikir dan sikap ilmiah siswa. Permasalahan pembelajaran IPA saat ini banyak yang masih menerapkan cara belajar yang konvensional yang membuat siswa cenderung kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga siswa kurang dalam memahami materi dan siswa kesulitan dalam memecahkan suatu permasalahan. Pemilihan model pembelajaran yang tepat bagi siswa penting dalam memperbaiki proses pembelajaran, salah satunya dengan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif saat proses pembelajaran dan melatih siswa untuk dapat berpikir kritis dan mampu dalam memecahkan suatu masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang tepat untuk digunakan pada siswa adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share baik digunakan untuk siswa karena dalam proses pembelajaran dirancang guna memengaruhi interaksi siswa dimana siswa terlibat aktif karena saat pembelajaran berlangsung memberikan kesempatan siswa belajar secara kelompok maupun berpasangan sehingga siswa secara leluasa dapat berpikir dan memudahkan siswa memahami materi terutama dalam pembelajaran IPA terkait zat aditif dan zat adiktif. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa SMP. 2) untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 11 Jember tahun pelajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian siswa menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII F kelas kontrol dan metode yang digunakan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan uji statistik berupa uji normalitas dan uji Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil uji normalitas pada kemampuan berpikir kritis diketahui bahwa data berdistribusi normal dan dilanjutkan dengan uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) adalah 0,010 artinya sig < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima yang berarti ada pengaruh secara signifikan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan bahwasannya model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa SMP. Sedangkan hasil uji normalitas hasil belajar diketahui data berdistribusi normal dan dilanjutkan dengan uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2- tailed) adalah 0,001 artinya sig < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima yang berarti ada pengaruh secara signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dikatakan bahwasannya model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan, maka kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa SMP, 2) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMPen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sutarto, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Ulin Nuha, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTHINK PAIR SHAREen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif terhadap Kemamapuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sutarto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorratna_7 September 2022en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record