Kajian Kelayakan Penyajian Buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018
Abstract
Buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi
revisi 2018 merupakan salah satu buku teks yang digunakan sebagai sarana dalam
pembelajaran. Kriteria buku teks yang berkualitas harus memenuhi standar BSNP
salah satunya, yaitu harus mempertimbangkan aspek kelayakan penyajian. Akan
tetapi, kelayakan buku teks pelajaran yang beredar di sekolah tidak semua sesuai
dengan standar yang berlaku. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui kelayakan penyajian khususnya pada teknik penyajian dan penyajian
pembelajaran pada buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan
Kemendikbud edisi revisi 2018. Tujuan penelitian ini untuk menelaah kelayakan
penyajian khususnya terhadap: (1) teknik penyajian pada buku bahasa Indonesia
untuk SMP Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018; (2) penyajian
pembelajaran pada buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan
Kemendikbud edisi revisi 2018.
Jenis penelitian ini adalah analisis konten deskriptif dengan rancangan
penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data gambar dan data tulis
berupa materi yang ada dalam buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX
terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018, serta KI dan KD kurikulum 2013.
Sumber data dalam penelitian adalah buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX
terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018 dan KI dan KD kurikulum 2013.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi,
sedangkan analisis data ini menggunakan tiga alur, yaitu (1) reduksi data, (2)
penyajian data, dan (3) kesimpulan/verifikasi.