• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Multitepresentasi Fisika Materi Suhu dan Kalor pada Siswa di SMAN Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Alifa Faradila_170210102001.pdf (3.372Mb)
    Date
    2022-08-11
    Author
    FARADILA, Alifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan salah satu cabang dari IPA yang mempelajari alam dan segala fenomenanya termasuk makhluk hidup. Hasil belajar siswa dapat ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam mempelajari fisika, siswa harus lebih memahami konsep daripada hanya menghafal saja. Multirepresentasi dapat dijadikan sebagai pendekatan dalam proses pembelajaran fisika. Multirepresentasi diartikan sebagai suatu cara yang menyajikan berbagai representasi untuk menanamkan suatu konsep kepada siswa. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kategori kemampuan representasi verbal, representasi gambar, representas matematik, dan representas grafik pada materi suhu dan kalor di SMA. Pelaksanaan penelitian sesuai langkah yang telah dibuat yaitu pertama kegiatan persiapan terdiri dari menentukan tempat penelitian, pembuatan surat izin penelitian, dan berkoordinasi dengan guru mata pelajaran fisika di sekolah yang akan dijadikan penelitian. Sekolah yang digunakan untuk penelitian yaitu SMA Negeri 1 Arjasa, SMA Negeri 1 Pakusari, dan SMA Negeri 1 Jember. Dalam penelitian ini menggunkan 1 kelas siswa kelas 11 MIPA di masing-masing sekolah. Langkah kedua yaitu pembuatan instrumen tes uraian. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes uraian berjumlah 5 soal yang mengandung ke empat representasi. Langkah ketiga pengumpulan data yang dilakukan dengan mengujikan soal kepada siswa. Langkah keempat yaitu analisis data yang diperoleh dari hasil tes siswa. Langkah kelima yaitu pembahasan. Dan langkah terakhir keenam kesimpulan. Berdasarkan analisis data kategori kemampuan representasi matematik siswa SMAN di Jember berkategori sangat baik sebesar 13,59%, baik sebesar 64,73%, cukup sebesar 15,43%, kurang dan sangat kurang sebesar 3,13%. Kategori kemampuan representasi gambar siswa SMAN di Jember berkategori sangat baik sebesar 8,25%, baik sebesar 32,52%, cukup sebesar 22,90%, kurang sebesar 27,73% dan sangat kurang sebesar 8,61%. Kategori kemampuan representasi grafik siswa SMAN di Jember berkategori sangat baik sebesar 4,17%, baik sebesar 32,36%, cukup sebesar 33,96%, kurang sebesar 20,97% dan sangat kurang sebesar 8,54%. Kategori kemampuan representasi verbal siswa SMAN di Jember berkategori sangat baik sebesar 1,11%, baik sebesar 41,49%, cukup sebesar 34,60%, kurang sebesar 11,19% dan sangat kurang sebesar 12,30%. Berdasar kesimpulan yang diperoleh, penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai informasi dalam menentukan model pembelajaran yang akan digunkan. Hasil penelitian dapat digunakan sekolah sebagai masukan memperbaiki kualitas pembelajaran. Untuk peneliti lain dapat digunakan sebagai sumber rujukan penelitian sejenis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110028
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository